Home » , » Fungsi Tangki Reservoir Radiator Mobil Dan Motor

Fungsi Tangki Reservoir Radiator Mobil Dan Motor

Advertisement
Kegunaan tangki reservoir - salah satu bagian yang bisa dibilang memiliki peranan yang penting didalam radiator yang tidak banyak orang tahu akan fungsi dan kegunaannya adalah sebuah tangki cadangan air radiator atau dalam bahasa teknik nya disebut dengan tangki reservoir.

Tangki reservoir air radiator atau dalam bahasa teknik disebut dengan coolant reservoir tank ini pada umumnya kebanyakan terbuat dari bahan plastik ( walau ada yang dari bahan plat ) dengan ukuran tertentu yang ditempatkan dekat dengan tutup radiator ini memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan sementara dari air radiator dari dalam mesin yang kemudian disalurkan ke dalam kisi kisi radiator dan mengalami pemuaian.

coolant reservoir tank


Ketika mesin telah mencapai suhu kerja, maka air pendingin didalam blok mesin pun otomatis akan ikut naik temperaturnya, yang nantinya akan dikeluarkan dari dalam blok mesin dan diganti dengan air pengingin baru yang berasal dari dalam radiator yang telah didinginkan dari proses sebelumnya dan tentu saja diatur waterpump dan thermostat dalam prosesnya.

Nah air panas yang berasal dari dalam blok mesin ini ketika dialirkan kedalam kisi kisi radiator akan memuai sehingga volumenya akan menjadi naik, Nah disinilah peran dari tangki reservoir berada yakni untuk menampung sementara luapan air panas dari radiator. Setelah suhu air didalam radiator mendingin maka luapan air yang masuk kedalam tangki reservoir ini akan terhisap kembali kedalam radiator.

Air didalam tangki reservoir ini jumlahnya tetap dan tidak akan berkurang secara signifikan. Jika kalian memiliki kendaraan yang selalu habis isi air didalam tangki reservoir nya sebaiknya anda patut waspada karena bisa dipastikan terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi pendinginan yang bila diabaikan bisa membuat mesin menjadi overheating. Maka dari itu anda pun perlu memperhatikan ketinggian air didalam tangki reservoir radiator.

Untuk lebih jelas mengenai proses kerja radiator bisa anda lihat gambar dibawah ini.

Keterangan gambar 

  1. Warna pink adalah aliran air pendingin mesin bersuhu panas yang dialirkan dari dalam mesin kedalam radiator.
  2. Warna biru muda adalah aliran air radiator bersuhu dingin yang dialirkan dari dalam radiator kedalam blok mesin.


sistem radiator


Baca juga : Belajar dasar dasar auto detailing mobil pemula

Nah sudah pada tahu kan apa fungsi dari tangki cadangan air radiator alias reservoir radiator ini ?. Semoga artikel yang sangat pendek ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian.

Untuk mempermudah pencarian anda bisa menelusuri tulisan diatas dengan pencarian dibawah ini :

Fungsi reservoir
Fungsi reservoir radiator
Fungsi tangki reservoir radiator
Fungsi tangki cadangan radiator
Fungsi tabung cadangan radiator
Fungsi reservoir tank radiator

Dan mungkin beberapa daftar artikel terkait radiator dibawah ini juga bermanfaat buat anda baca.




Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share artikelnya.



Advertisement