Cara Mengecek Kerusakan Thermostat Mobil
Home » » Cara Mengecek Kerusakan Thermostat Mobil

Cara Mengecek Kerusakan Thermostat Mobil

Advertisement
Cek thermostat mobil rusak - salah satu komponen vital didalam sebuah sistem pendinginan mesin mobil ialah thermostat. Komponen ini berupa valve atau katup otomatis yang bekerja membuka dan menutup otomatis sesuai suhu yang diterimanya.

Kenapa harus ada thermostat pada sistem pendinginan ?

Thermostat ini berfungsi untuk mengatur suhu air pendingin dari dalam blok mesin. Katup thermostat akan menutup ketika suhu mesin masih rendah guna meningkatkan temperatur kerja mesin sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar. Kemudian ketika suhu didalam blok mesin sudah meninggi, agar tidak terjadi overheating pada mesin maka katup thermostat ini otomatis akan terbuka dan membuang air pendingin yang bersuhu panas menuju radiator untuk didinginkan kembali. Untuk lebih jelas mengenai fungsi dari thermostat silahkan baca tulisan kami yang lain di : Fungsi dan cara kerja thermostat mesin

thermostat

Bagaimana jika thermostat ini rusak ?

Kerusakan thermostat pada sistem pendinginan dapat menyebabkan mesin menjadi overheat sebab sirkulasi pendingin terganggu. Di awal mesin dinyalakan tidak akan pernah mencapai suhu kerja, namun setelah lama mobil berjalan maka temperatur seluruh air pendingin didalam ruang mesin maupun didalam radiator menjadi panas seluruhnya dan terjadilah overheating mesin.

Bagaimana cara mengetahui thermostat sudah rusak

Untuk mengetes rusak tidaknya komponen thermostat ini anda harus melepaskan thermostat dari rumahnya dan perhatikan posisi katup thermostat adalah tertutup, kemudian silahkan anda rebus air sampai mendidih dan celupkan thermostat yang akan di cek kedalamnya dan seharusnya katup thermostat tadi menjadi terbuka, Jika ternyata katup thermostat tidak terbuka bisa dipastikan thermostat tersebut telah mengalami kerusakan dan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Bolehkan tidak memasang thermostat di mobil ?

Secara teknis hal ini sangat tidak diperbolehkan sebab dengan tidak adanya thermostat maka suhu didalam blok mesin tidak akan pernah mencapai temperatur kerja sehingga bisa membuat tenaga mesin berkurang sampai boros bahan bakar.

Baca juga : Ini bahaya melepas thermostat dari mesin mobil

Nah begitulah tadi penjelasan mengenai seluk beluk thermostat yang ada didalam mobil maupun kendaraan bermotor lainnya. Untuk menghindari hal hal yang demikian maka sebaiknya anda pun juga perlu tahu bagaimana sih merawat thermostat mesin yang baik agar kondisinya selalu awet, sehingga anda pun akan terhindar dari resiko overheating mesin.

Baca juga : Tips merawat thermosat mesin agar awet

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.



Advertisement