Gejala Transmisi Matic Mobil Bermasalah

Advertisement
Tanda transmisi matic bermasalah - memang mengendarai mobil matic sangatlah mudah dan paling enak dipakai di jalanan datar seperti didalam perkotaan karena kita tidak dipusingkan dengan kram kaki seperti halnya kendaraan bertransmisi manual yang harus selali stanby menginjak pedal kopling. Dengan menggunakan mobil transmisi matic ini kita cukup memainkan pedal rem dan juga gas saja.

Namun dibalik kemudahan yang diberikan oleh mobil bertransmisi matic ini juga ada beberapa hal yang harus dijadikan perhatian yang serius seperti cara penggunaan yang benar, penggantian pelumas transmisi matic yang teratur dan lain sebagainya agar mobil matic anda tidak mengalami kerusakan yang serius, sebab jika mobil matic sampai mengalami kerusakan pada bagian transmisinya biaya perbaikan pun juga lebih mahal ketimbang mobil bertransmisi manual.

transmisi matic


Oleh sebab itu ketahui gejala mobil matic anda mulai bermasalah pada bagian transmisinya agar nanti anda dapat dengan segera mengambil tindakan perbaikan dini agar kerusakan tersebut tidak merembet ke yang lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya timbul.


1. Terjadi slip atau loss

gejala ini muncul ketika anda sedang dalam keadaan melaju dan ketika seharusnya perpindahan gigi otomatis transmisi berlangsung mobil akan kehilangan tenaga dan suara mesin meraung raung mirip dengan mobil transmisi manual yang ketika anda pakai ngebut kemudian anda injak pedal koplingnya.

Untuk mengetahui apakah mobil anda mengalami loss caranya adalah silahkan jalankan mobil anda pada posisi transmisi diposisi drive "D". kemudian tambahkan kecepatan gas dan perhatikan apakah transmisi tidak segera berpindah atau bertambah akselerasinya dan mesin meraung raung. Hal ini biasanya terjadi tidak tentu yang artinya kadang iya dan kadang tidak.


2. Terasa Tersendat atau terhentak

Biasanya ketika mobil bertransmisi matic ini perpindahan gigi otomatisnya akan terasa sangat halus dan sedikit terasa ayunan. Namun jika ternyata ketika perpindahan gigi otomatis ini terasa menghentak atau seperti ngelos namun setelah itu terasa menghentak menandakan bahwa ada masalah pada bagian transmisi dan sebaiknya anda lakukan pemeriksaan.

3. Tidak terjadi perpindahan gigi otomatis

Mobil normal ketika berjalan pada posisi D, idealnya ketika terjadi perubahan injakan pedal gas baik di injak maupun dilepas akan terjadi perpindahan gigi secara otomatis. Jika ternyata tidak terjadi hal yang demikian, misalnya saja anda gas kencang namun suara mesin tetap dan seakan akan gigi otomatis transmisi tidak mau pindah maka sudah bisa dipastikan adanya masalah pada bagian transmisinya.

4. Tuas Transmisi tidak bisa digeser atau sulit

Pada mobil bertransmisi matic kadang kala tuas perpindahan giginya tidak dapat digerakkan walaupun anda telah menekan knop pembuka lock nya.


5. Mobil Bergetar dan mesin mati

Salah satu gejala transmisi matic anda bermasalah adalah ketika anda sedang melaju dengan kencang tiba tiba mobil anda terasa seperti bergetar. Dan ketika anda melakukan pengereman untuk memperlambat laju biasanya getaran tersebut semakin terasa dan mesin mobil terasa akan mati atau bahkan mati.


6. Mobil tidak mampu Menanjak

Nah kalau mobil matic anda tidak ammpu berjalan di jalanan yang menanjak ( walaupun menggunakan gigi L low level ) maka sudah bisa dipastikan adanya masalah pada kendaraan milik anda. Biasanya hal ini disebabkan komponen pelat transmisinya sudah aus dan minta untuk diganti yang baru.

7. Laju mobil tidak responsive dan tertahan

Gejala masalah yang ada pada mobil matic selanjutnya adalah ketika anda sedang mengendarai mobil dan melaju dengan kecepatan tertentu kemudian anda melepas pedal gas, maka akan terasa mobil seperti tertahan sementara kecepatannya, baru beberapa saat kemudian kembali normal. Hampir mirip dengan gas sepeda motor yang macet.


8. Konsumsi BBM jadi boros

Bahan bakar mobil matic terasa lebih boros dari biasanya, hal ini menunjukkan bahwa ada komponen didalam transmisi yang mengalami keausan sehingga momen putar atau torsi tidak tersalurkan ke roda roda penggerak dengan sempurna.


Nah diatas adalah beberapa gejala umum yang menandai adanya masalah pada transmisi matic mobil anda. Jangan tunggu nanti nanti dan segeralah lakukan perbaikan agar nanti biaya yang dikeluarkan tidak membengkak karena semakin anda tunda maka semakin banyak pula kerusakan yang akan terjadi.

Subscribe to receive free email updates: