Deteksi Dini Kerusakan Shock Absorber Mobil

Advertisement
Cara ketahui shockbreaker rusak - adanya sebuah komponen peredam kejut atau yang biasa disebut dengan shock absorber atau dalam bahasa awamnya adalah sokbreker tentu akan membuat kita semakin nyaman dalam berkendara. Karena dengan adanya shock absorber ini getaran yang ditimbulkan oleh pegas per dapat diredam sehingga tidak sampai naik ke body mobil.

Selain itu shock absorber yang bagus dapat membuat manuver mobil menjadi enak dan juga lebih aman tentunya. Namun bagaimana bila ternyata bagian ini mengalami kerusakan dan kita sebagai pemilik kendaraan lupa atau tidak sempat memperhatikan bagian ini yang memang letaknya sangat sulit dijangkau.

Shock Absorber Mobil


Rusaknya komponen ini selain membuat manuver mobil terasa tidak enak juga sangat tidak aman dan mengganggu kita ketika menggunakan mobil tersebut.

Oleh sebab itu andapun harus selalu rajin mengecek kaki kaki mobil khususnya shock breaker ini. Adapun beberapa tips cara mengecek shockbreaker rusak adalah sebagai berikut.

Ciri ciri shock absorber rusak

1. Cek fisik / visual

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara fisik atau visual. Cobalah untuk jongkok dan melihat shockbreaker mobil anda apakah terdapat rembesan oli ataukah tidak. Oli yang merembes keluar dari dalam shockbreaker menandakan jika bagian ini mengalami kerusakan dan perlu untuk dilakukan penggantian.

Beberapa jenis sedan seperti toyota camry maupun altis bahkan body akan mengalami ambles sebelah  ( miring ) ketika ada salah satu shockbreakernya yang rusak.


Shock Absorber Mobil


2. Cek jalan / tes drive

Pengecekan kedua adalah menguji jalan kendaraan kita dengan kecepatan menengah keatas, kemudian lakukan manuver belok. Jika dirasa seperti oleng atau melayang hal ini menandakan bahwa komponen peredam kejut tersebut sudah mulai melemah. Bahkan bila kerusakan sudah parah akan timbul bunyi bunyi seperti jeduk jeduk atau ngak ngik nguk.

Baca juga : Inilah beberapa penyebab bau pada AC mobil

Nah itulah tadi tips bagaimana mendeteksi dini kondisi shockbreaker mobil yang mungkin saja sudah rusak. Bila setelah ketahuan rusak sebainya langsung dilakukan penggantian agar tidak membahayakan anda di kemudian hari.


Subscribe to receive free email updates: