Fungsi Lampu Fog lamp Mobil

Advertisement
Fungsi lampu kabut - beberapa lampu yang terdapat pada kendaraan bermotor memiliki fungsi yang sangat penting baik bagi kelancaran, kenyamanan, keamanan dan keselamatan didalam berkendara.

Beberapa lampu diciptakan untuk digunakan pada posisi atau keadaan tertentu yang salah satunya adalah lampu kabut atau fog lamp.

lampu kabut
Image source : ebay.com


Kebanyakan pemilik mobil tidak tahu menahu akan fungsi sebenarnya dari fog lamp atau lampu kabut ini. Mereka bahkan menyalakan lampu kabut padahal cuacanya sedang terang benderang tanpa kabut dan tidak sedang hujan lebat. Dan bahkan ada juga loh yang menyalakan lampu ini di siang hari bolong.

Mungkin mereka menganggap lampu ini adalah bagian dari aksesoris mobil saja ( gaya gayaan ). Yang lebih disayangkan lagi adalah mereka menggantinya dari lampu standard pabrik dengan menggunakan lampu after market berwarna warni dimana lampu tersebut memang keren namun cahayanya tidak mampu menembus kabut tebal.

Padahal fungsi fog lamp ini adalah sebagai penerangan tambahan dan digunakan pada waktu berkendara dalam keadaan cuaca berkabut ataupun hujan lebat dimana lampu kepala atau head lamp tidak mampu menembusnya, dan karena fungsinya inilah kenapa lampu tersebut dinamakan fog lamp atau lampu kabut.

Lampu kabut ini bentuknya bulat kecil yang terletak pada bagian depan bawah pada mobil dan memiliki cahaya kuning terang sehingga mampu menembus pekatnya kabut maupun hujan lebat. Selain itu fog lamp juga memiliki fungsi sebagai penanda kendaraan dari arah berlawanan ketika lampu kepala tidak mampu menembus tebalnya kabut.

Posisinya dibuat lebih rendah dan lebih terang ini dimaksudkan agar pengendara dari arah berlawanan tahu didepan ada mobil dan juga tidak menyilaukan mata.


Nah kalau sudah begitu siapa yang gagal paham ?. Semoga bermanfaat dan silahkan di share.



Subscribe to receive free email updates: