Cara Mengerem Yang Benar Di Musim Hujan

Advertisement
Cara mengerem mobil - di musim hujan dipastikan banyak genangan air dimana mana, bahkan di jalanan besar pun tak luput dari yang namanya genangan air. Bagi para pengemudi hal ini harus selalu dijadikan bahan perhatian yang serius ketika berkendara sebab salah sedikit nyawa taruhannya.

Pada jalanan yang tergenang air proses pengereman tidak dapat berjalan dengan sempurna layaknya melakukan pengereman di jalanan kering. dan jika kalian tidak berhati hati bisa jadi aquaplanning dan mobil hilang kendali dan pada akhirnya terjadi kecelakaan.

mengemudi di saat hujan


Untuk itu berikut adalah beberapa tehnik pengereman dijalan berair yang benar yang dapat anda jadikan bahan pembelajaran ketika menghadapi situasi seperti ini.

Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi

Didalam jalanan yang basah terkena air hujan maka daya cengkeram ban terhadap aspal jalan akan berkurang, bahkan pada ban yang bukan khusus digunakan untuk jalanan basah sering terjadi slip, belum lagi jika kendaraan tidak dilengkapi dengan sistem ABS bisa sangat membahayakan baik pengemudi ataupun orang lain disekitar kita.

Jangan menginjak rem secara mendadak

Walaupun mobil telah dilengkapi dengan tehnologi ABS tidak menutup kemungkinan kita kehilangan kendali atas mobil yang kita kendarai akibat laju mobil yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya jika ingin menginjak rem lakukanlah secara perlahan. Ingat point pertama diatas agar tidak membalap ketika kondisi hujan.

Mengerem terlebih dahulu sebelum genangan lebih baik

Ketika kita menemui sebuah genangan air maka sebaiknya kita melakukan pengereman, kemudian melanjutkan berjalan pelan diatas genangan tersebut, jangan malah mengabaikan dan memacu kendaraan dengan kencang sebab jika melakukan pengereman diatas genangan, ban akan tetap berputar dan pengereman baru bekerja bila salah satu roda menyentuh permukaan aspal yang tidak tergenang air. Bisa dibayangkan jika antara roda kiri dan kanan menyentuh permukaan aspal tidak bersamaan bisa dipastikan mobil akan oleng atau narik ke salah satu sisi dan bisa berakibat mobil terbalik. Pernah melihat ada mobil terbalik dijalan raya ketika hujan lebat ?

Baca juga : Ketika air biasa tidak cukup untuk membersihkan kaca mobil

Nah itulah tadi beberapa tips bagaimana cara melakukan pengereman kendaraan roda empat yang baik dan benar. Pastikan selalu memperhatikan blind spot atau titik buta di sisi kiri dan kanan mengenai ada tidaknya pengendara lain.


Subscribe to receive free email updates: