Cara Perbaiki Radiator Bocor Rusak

Advertisement
Memperbaiki radiator mobil - mungkin adalah pekerjaan yang sebenarnya sangat mudah dilakukan sendiri dirumah. Banyak sekali para pemilik mobil yang mengalami kerusakan radiator,kemudian membawa mobil mereka ke bengkel resmi dan disarankan untuk melakukan penggantian,padahal sebenarnya kerusakan tersebut masih bisa untuk direpair.

Alasan sebenarnya bengkel resmi seringkali menganjurkan penggantian part adalah agar dikemudian hari mobil tersebut tidak balik ( komplain ) bila suatu saat proses perbaikan kurang baik.

Kerusakan radiator mobil yang sangat sering terjadi adalah pecahnya kisi kisi aliran air yang kemungkinan karena masuknya benda asing ke radiator,atau terdapat lubang ( keropos ) akibat kesalahan pengguna dalam mengisi air radiator yang tidak disarankan. Untuk memperbaiki yang demikian caranya sangatlah mudah dan bisa anda kerjakan sendiri dirumah,dan berikut cara memperbaiki radiator mobil yang rusak


#Persiapan melepas radiator

- Pastikan mobil sudah dimatikan dan kondisi radiator dingin.
- selanjutnya buka tutup penguras air radiator,kuras air yang ada didalamnya hingga habis.
- Setelah itu lepas radiator dari dudukan dan baut pengikat,setelah semua terlepas angkat radiator dan siap untuk diperbaiki kerusakannya.


#Bila kisi kisi radiator rusak

- bersihkan sekitar kisi kisi radiator yang rusak sampai bersih.
- Persiapkan lem besi,campurkan dengan hardenernya kemudian masukkan kedalam kisi kisi yang rusak dan ratakan,untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah.
- Tunggu hingga lem benar benar mengering dan selanjutnya radiator bisa dipasang kembali dan di flash ( di isi dengan cairan radiator baru ).
- Untuk hasil lebih bagus bila anda bisa membuka toptank dan lower tank radiator, bisa membuntu salah satu kisi kisi yang rusak dengan cara mengelem dengan lem besi atau mengelasnya dengan las timah.


Bila ada bocor di pipa atau bilah samping radiator

-nLepas dan bawa radiator yang mengalami kerusakan tersebut ke bengkel khusus las kuningan.
- Tunjukkan bagian radiator mana yang bocor kepada si ahli LAS agar nantinya ditambal dengan jalan mengelasnya.
- Setelah selesai di las,silahkan pasang kembali radiator ke mobil dan lakukan flash ( mengisi ulang cairan radiator ).

Bila Seal tutup radiator rusak
Tanda umum bila bagian ini mengalami kerusakan adalah bisa dilihat dari adanya cairan radiator yang yang menetes keluar dari pinggiran tutup radiator. Dan cara mengatasinya adalah dengan jalan membelikan penutup radiator yang baru dengan harga 50 rb hingga 60 rb untuk yang imitasi,atau diatas 100 rb untuk yang original.

Baca juga : Penjelasan kenapa saringan udara koto bisa bikin boros bahan bakar

Nah itulah tadi tips cara memperbaiki sendiri radiator yang rusak,selama kerusakan masih bisa di repair,kenapa tidak? Namun jika memang kerusakan radiator sangat parah sebaiknya dilakukan penggantian dengan unit yang baru saja demi keamanan mesin anda :).


Subscribe to receive free email updates: