Fungsi Alternator Dan Komponennya

Advertisement
Fungsi dan kegunaan alternator - bagi anda yang belum begitu paham mengenai fungsi alternator mobil akan saya berikan ulasan mengenai alternator pada kesempatan kali ini. Alternator adalah salah satu komponen yang terdapat pada mobil yang memiliki fungsi utama sebagai pembangkit tenaga listrik yang digunakan untuk mensuplay kebutuhan listrik yang ada pada kendaraan seperti menyalakan AC,memutar radio tape dan lampu lampu mobil.

Selain sebagai supplay tenaga listrik alternator ini juga digunakan untuk mencarger Accumulator atau AKI pada mobil untuk tetap memberikan tegangan yang stabil sebingga aki tidak drop.

alternator


Apakah mobil yang tidak dilengkapi oleh alternator dapat berfungsi sebagaimana mestinya?.
Bisa namun hanya sebatas sampai habisnya Aki mobil saja. selebihnya tentu saja akan mogok karena pembangkit energi listriknya tidak ada. Kurang lebih hanya dapat berjalan sejauh 10 kilometer saja.

Bagian komponen alternator antara lain adalah cover alternator,pulley,bearing,regulator,brush holder,dioda dan rotor coil yang masing masing komponen memiliki fungsinya sendiri sendiri.


Cover Alternator : memiliki fungsi sebagai wadah dari seluruh komponen dalam alternator dengan bentuk berlubang,lubang ini pun memiliki fungsi utama sebagai pendingin agar mesin tidak terbakar,rusak,overheating.

Pulley alternator : Adalah sebuah roda yang nantinya dihubungkan dengan belt sehingga pulley berputar memutar rotor coil didalamnya.

Bearing : pada alternator terdapat beberapa bearing yang fungsinya adalah untuk dudukan ujung ujung rotor coil sebagai tumpuan berputar. Bila komponen ini sampai rusak biasanya tanda yang umum adalah munculnya bunyi berisik di bagian alternator layaknya bunyi tikus yang mencicit.

Regulator : memiliki fungsi utama sebagai Pengatur tegangan outpun / tegangan yang dihasilkan oleh alternator agar selalu tetap sehingga bila rpm mesin naik setinggi langit sekalipun tegangan yang keluar ini masih tetap. Bila komponen ini sampai rusak tanda umum yang terjadi adalah rusaknya beberapa peralatan listrik pada mobil,rusaknya Aki dan lain sebagainya.

Dioda : berfungsi sebagai penyearah arus bolak bali yang dihasilkan oleh alternator menjadi tegangan searah yang kemudian akan didistribusikan ke komponen yang membutuhkan listrik,termasuk salah satunya adalah Aki tadi.

Rotor Coil : Adalah sebuah gulungan atau lilitan yang memiliki fungsi mengubah energi magnetik menjadi energi listrik yang kemudian diolah dan disalurkan menuju brush - dioda - dan seterusnya.

Baca juga : Aki anda selalu tekor ? mungkin ini penyebabnya

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai fungsi serta apa saja komponen dari alternator.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan melalui media sosial kalian.


Subscribe to receive free email updates: