Penyebab Ban Bunyi Mencicit Saat Jalan Lurus

Advertisement

Automotivexist - masalah yang umum terjadi pada bagian kaki - kaki mobil khususnya untuk masalah pada ban cukup banyak seperti kasus ban aus makan dalam, ban aus makan luar, ban aus bergelombang, ban terasa bergetar dan lain sebagainya yang selain tidak sedap dipandang juga bikin berkendara tak nyaman.

Selain problem diatas ada satu lagi problem yang bikin berkendara terasa kurang nyaman yakni ban bunyi mencicit saat jalan lurus maupun ketika belok di aspal maupun di jalan berporselen.

ban bunyi mencicit


Penyebab ban bunyi berdecit seperti ini sih biasanya ada kesalahan pada sudut toe yang terlalu out sehingga ban depan bagian sisi belakang seakan terseret, terlebih ketika mobil dipakai belok.

Efek lain dari kesalahan toe ini selain timbul bunyi berdecit, juga menyebabkan ban aus makan dalam. Semakin jauh nilai toe out roda, keausan yang dialami ban juga semakin cepat.

Apa penyebab kesalahan toe ini ?

Kesalahan toe ini biasanya terjadi lantaran beberapa hal, yang pertama ialah karena mobil pernah ganti tie rod/long tierod tanpa di selaraskan dengan wheel aligment. Atau bisa juga ada kesalahan dari proses wheel aligment ( misal error mesin ) sehingga sudut toe yang harusnya disetel ke sudut normal malah tersetel ke sudut yang semakin out.

Untuk mengatasi problem seperti ini yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan wheel aligment ulang menggunakan alat yang lebih akurat, bisa di tempat asal dengan meminta garansi, maupun di jasa wheel aligment lain terdekat bila kalian sudah merasa kecewa di tempat asal tadi. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: