Agar Kampas Kopling Tidak Gosong Saat Ditanjakan

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - Arus mudik maupun arus balik seperti saat ini tentu akan terjadi peningkatan arus kendaraan sehingga banyak terjadi kemacetan dimana - mana.

Selain membuat kita jadi jenuh, kondisi jalan yang padat merayap ( terutama di tanjakan ) bila si pengemudi mobil kurang pengalaman, tentu akan membuat kampas kopling mobil menjadi cepat aus bahkan gosong.

Agar Kampas Kopling Tidak Gosong Saat Ditanjakan


Sudah banyak sekali di media berita mengenai kasus mobil tidak bisa melanjutkan perjalanan akibat koplingnya bau gosong dan habis.

Penyebab kampas kopling gosong


Penyebab kampas kopling gosong ini hanya satu, yaitu kesalahan pengemudi mobil saat menggunakan/memainkan pedal kopling. Kesalahan tersebut berupa sering melakukan injakan setengah kopling sembari di gas dalam, hal ini akan menyebabkan friksi pada kampas kopling semakin besar dan mempercepat keausan kampas.

Nah bagi kalian yang masih awam soal memainkan pedal kopling, kuncinya hanya satu, jika melepas pedal kopling pastikan lepas secara full, begitu pula ketika menginjak pedal kopling usahakan injak pedal kopling dalam - dalam. Hindari menginjak atau menahan pedal kopling hanya separo ketika mobil dalam keadaan berjalan ( apalagi ditambah gas ).

Jika memang memerlukan menginjak pedal separo kopling, usahakan jangan ditambah menginjak gas. Kondisi ini bisa kalian lakukan di jalanan padat merayap yang kondisinya datar.

Bagaimana jika jalanan tersebut berupa tanjakan ?


Untuk kasus di jalanan tanjakan ya seperti yang telah kami sebutkan diatas, jika ingin lepas pedal kopling usahakan lepas secara full. Jika takut mobil merosot atau mundur kalian bisa memainkan tuas hand rem untuk menahan beban mobil.

Dan yang paling penting adalah menjaga jarak aman dari mobil yang berada didepan ( bisa satu atau dua body ). Hal ini memungkinkan kita bisa lebih menjaga ritme laju kendaraan kita saat menanjak dan mengurangi stop N go secara mendadak.




Subscribe to receive free email updates: