BAHAYA MOBIL MENGGUNAKAN GIGI NETRAL DI TURUNAN

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - banyak sekali orang yang membuat mitos aneh tanpa analisa lebih mendalam, mereka - mereka ini hanya mereka - reka suatu kejadian sesuai dengan imajinasi mereka. seperti salah satunya adalah car menghemat penggunaan bahan bakar mobil saat mobil melewati jalanan menurun, yakni dengan menggunakan gigi perseneling netral.

Padahal hal tersebut bukannya menghemat bahan bakar kendaraan, yang ada malah membuat bahaya yakni mobil bisa meluncur bebas kebawah, hal ini berbeda sekali jika kita memanfaatkan engine brake pada mesin mobil saat menuruni tanjakan.

BAHAYA MOBIL MENGGUNAKAN GIGI NETRAL DI TURUNAN
Ilustrasi mobil di turunan, image by : says, com


Alasan yang paling menggelikan menurut saya adalah, saat mereka menggunakan perseneling netral di turunan, menurut mereka penggunaan bahan bakar menjadi berkurang karena adanya gaya tarik kebawah saat mobil berjalan menurun. Padahal kenyataannya baik mobil itu di posisikan netral maupun dimasukkan gigi rendah saat digunakan "engine brake", selama mesin mobil  tetap menyala, selama itu pula bahan bakar akan tetap diinjeksikan dan dibakar.

Jadi sangat tidak benar jika menggunakan gigi perseneling netral itu bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi berkurang alias irit, yang ada malah resiko mobil meluncur dan terjadi kecelakaan menanti didepan mata. Semakin cepat mobil meluncur diturunan, maka resiko mesin mengalami over running semakin besar.

Bukankah ada rem untuk mengantisipasi agar mobil tidak meluncur kebawah ? Ya rem memang difungsikan untuk menahan agar mobil tidak meluncur saat melewati jalanan turunan bilamana kalian memang memilih menggunakan gigi netral, namun tahukah kalian bahwa piston rem jika terlalu sering digunakan bisa mengalami overheat. Saat piston rem ini overheat yang terjadi selanjutnya adalah rem menjadi blong, kalau sudah begitu yaaa tetap saja mobil akan langsung meluncur kebawah.

Memang yang paling aman saat melewati mobil melewati jalanan yang menurun adalah dengan memanfaatkan engine brake agar mobil tidak langsung meluncur kebawah, sebab saat kalian menggunakan engine brake ini, rpm mesin akan menahan putaran roda belakang sehingga nantinya laju mobil juga mengikuti rpm mesin.

Dalam penggunaan engine brake pun juga ada aturannya tergantung seberapa cepat mobil tadi meluncur, untuk mengetahui cara penggunaan engine brake sebaiknya kalian baca dua tulisan kami yang lain dibawah ini.

  1. Cara menggunakan engine brake pada mobil yang aman
  2. Pengertian dan bahaya over running pada mesin mobil

Catatan
Artikel diatas adalah untuk kondisi jalanan turunan ekstrim dengan jarak yang jauh / panjang. Bila turunan hanya beberapa meter saja kalian bebas melakukan apa saja sesuai dengan skill kalian.

Nah itulah tadi sekelumit tulisan kami mengenai bahaya jika mobil menggunakan perseneling netral saat di turunan, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: