Insulator Coil Busi Rusak, Begini Tips Memperbaikinya

Advertisement
Insulator coil busi rusak - pada umumnya kendaraan bermotor yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar, membutuhkan busi yang berfungsi sebagai pemantik api saat proses pembakaran diruang mesin. Nah busi pun tidak dapat bekerja tanpa adanya coil yang berfungsi sebagai pengubah arus listrik bertegangan rendah dari aki, untuk diubah menjadi tegangan listrik bertegangan tinggi sehingga dapat menghasilkan percikan bunga api pada busi.

Insulator Coil Busi Rusak, Begini Tips Memperbaikinya


Jika koil ini sampai rusak, tentu mesin mobil pun akan mengalami masalah, mulai dari sedikit bergetar bila mana ditemukan salah satu koil yang bocor, hingga mesin mobil pincang jika ada salah satu coil yang mati. Nah pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas tentang kebocoran coil mobil yang menyebabkan mesin menjadi bergetar serta tips mengatasinya.

Kebocoran insulator coil busi mobil

Kebocoran pada insulator coil busi ini pada umumnya disebabkan karena faktor usia pemakaian, semakin lama digunakan maka karet cup coil ini biasanya akan mengeras kemudian timbul retakan baik itu retakan secara memanjang maupun hanya dalam bentuk seperti lubang jarum. Nah melalui celah inilah bunga api loncat keluar dan mengenai bagian lain pada mesin mobil, sehingga percikan di bagian ujung elektroda busi tidak terjadi. Pada akhirnya tidak terjadi proses pembakaran pada ruang silinder yang coil nya bocor, sehingga mesin mobil menjadi getar.

Untuk menekan pengeluaran untuk membeli sebuah coil baru, terkadang beberapa orang lebih memilih untuk mengakali coil yang sudah bocor, sebab harga satu buah coil tidaklah murah. Biasanya cara mengatasi sementara coil busi yang bocor adalah dengan membalut kebocoran tersebut dengan electrical tape / selotip kabel, ataupun mengelemnya dengan lem besi atau super glue.

Memang dengan begitu coil busi yang bocor dapat teratasi dan bisa digunakan kembali, baik itu berbulan bulan maupun dalam hitungan tahun. Akan tetapi tetap saja coil busi yang mengalami kerusakan seperti ini sebaiknya diganti dengan coil baru. Maka dari itu sembari anda menggunakan coil busi bocor yang telah diakali tadi, persiapkan diri untuk menabung guna membeli coil busi yang baru.

Baca juga : Ketahui idealnya seberapa lama kah usia busi mobil ?

Nah begitulah tadi tips bagaimana mengatasi coil busi yang bocor, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share kawan. Salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: