Bahaya Gunakan Semir Ban Silikon Terlalu Sering

Advertisement
Semir ban berbahaya - sudah menjadi ritual yang umum di beberapa salon cuci mobil ataupun jasa cuci mobil di pinggir jalan akan menyemir ban mobil setelah selesai mencuci kendaraan, hal ini bertujuan agar ban mobil menjadi lebih mengkilap. Bahkan tidak afdol rasanya setelah mencuci mobil jika tidak menyemir ke empat ban nya sekalian.

bahaya gunakan semir ban


Namun tahukah anda bahwa tidak semua jenis semir di pasaran ini yang bagus digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan beberapa jenis semir ban pun disebut sebut menjadi pemicu kerusakan ban secara dini, yakni membuat ban menjadi lebih keras tidak kenyal seperti biasanya, dan juga membuat kondisi dinding karet ban menjadi retak retak yang tentunya akan sangat beresiko pecah ban.

Baca juga : Ini perbedaan wax dan poles yang harus kamu ketahui

Dipasaran sendiri semir ban mobil terbagi kedalam dua jenis, yang pertama adalah semir ban dengan bahan dasar air atau water based, dan yang kedua ialah semir ban yang berbahan dasar silikon. Dari kedua jenis semir ban inipun juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Adapun kelebihan serta kekurangan dari masing masing jenis semir diataranya adalah sebagai berikut


Semir berbahan dasar air / water based

Kelebihan dari semir ban jenis ini adalah semir ban sangat ramah lingkungan serta tidak merusak permukaan karet ban meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama sebab memang bahan dasar dari semir ini hanyalah air. Namun karena bahan dasar yang digunakan inilah yang juga menjadikan kelemahannya, yakni semir ban tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, terlebih jika terguyur hujan maka semir jenis ini akan langsung hilang.


Semir ban berbahan dasar silikon

Jenis semir yang kedua ialah semir yang bahan dasarnya terbuat dari silikon kental, kelebihan dari semir ban berbahan silikon ini ialah dapat memberikan efek kilap yang lumayan lebih lama dibandingkan dengan semir ban water based. Sedangkah kekurangan dari semir ban jenis ini adalah jika digunakan terlalu sering dan dalam jangka waktu lama dapat merusak ban, seperti ban menjadi tidak kenyal alias mengeras, getas dan retak retak halus.


Nah diatas adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari semir berbahan dasar air maupun semir berbahan dasar silikon serta bahayanya bagi ban kendaraan kita. Sebagai pemilik mobil kita tentunya juga harus tahu akan resiko yang akan kita hadapi dikemudian hari mengenai pemakaian semir ban ini.


Anda tetap bisa memakai semir ban berbahan dasar silikon namun jangan menggunakannya secara terus menerus, misalnya saja anda bisa memakainya setiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Selain itu anda juga perlu cermat dalam memilih merk semir silikon terbaik. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.

Baca juga : Jenis merk semir ban rekomendasi terbaik




Subscribe to receive free email updates: