Tips Agar Tidak Keracunan Tidur Didalam Mobil Saat Parkir Mesin Masih Menyala

Advertisement
Tips aman tidur di mobil - Memang tidur didalam mobil terlebih lagi jika kondisi AC dinyalakan saat di siang hari sangat melegakan, namun anda pun perlu tahu dan perlu hati hati ketika tidur didalam mobil dalam keadaan mesin dan juga AC mobil menyala dalam waktu yang lama bisa menyebabkan keracunan gas karbon monoksida.

Sudah banyak kasus orang yang berhenti di parkiran atau di SPBU, kemudian memarkirkan mobilnya dan tidur didalam mobil dalam keadaan mesin dan AC mobil menyala, dan dalam beberapa waktu kemudian orang tersebut ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa alias meninggal.

tidur di mobil


Keracunan didalam mobil ini biasanya disebabkan akibat menghirup gas karbon monoksida yang dihasilkan dari gas buang sisa pembakaran mesin mobil yang tak sempurna, kemudian gas karbon monoksida ini masuk kedalam kabin mobil melalui lubang atau ventilasi dan memenuhi seluruh ruang kabin mobil.

Akibat dari menghirup gas beracun ini efeknya sangat mematikan, pertama orang yang telah menghirup gas karbon monoksida atau gas CO ini, darah akan kesulitan untuk mengikat oksigen karena kandungan udara didalam ruang kabin lebih banyak CO nya dibandingkan O2 nya, sehingga kebutuhan oksigen yang menuju otak dan seluruh tubuh mengalami gangguan.

Akibatnya sudah bisa ditebak, tubuh akan mengalami lemas yang luar biasa sebab tidak ada lagi oksigen yang mampu diikat dan disalurkan keseluruh tubuh dan juga otak. Jika tidak cepat mendapatkan pertolongan maka penderita bisa meninggal.

Pertolongan pertama orang yang menghirup karbon monoksida didalam mobil

Bila kalian menemukan orang yang mengalami kejadian ini, pertolongan pertama adalah dengan mengeluarkannya dari dalam mobil, kemudian bawalah ke ruangan berudara segar atau bisa memberikan masker oksigen guna menyuplai kebutuhan oksigen seluruh tubuh dan juga otak, dan untuk memastikan keselamatannya silahkan anda hubungi pihak puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Penyebab keracunan didalam mobil saat AC dan mesin menyala

Jadi penyebab dari keracunan seperti ini tak lain adalah disebabkan oleh adanya gas karbon monoksida dari knalpot yang masuk kedalam kabin mobil. Bisa jadi ada kebocoran pada sistem knalpotnya dan juga ada lubang di bagian bawah kabin mobil sehingga memungkinkan gas CO ini bisa masuk melalui celah lubang tersebut. Bukan dikarenakan oleh AC, sebab AC hanya akan terasa dingin jika mesin dinyalakan.


Tips agar tidak keracunan saat tidur didalam mobil

Untuk terhindar dari kasus seperti diatas, maka bila anda merasa ngantuk saat mengemudi dan hendak beristirahat sejenak untuk tidur didalam mobil dalam kondisi mesin dan AC menyala, sebaiknya anda buka kaca jendela mobil agar nantinya ada sirkulasi udara dari luar. Jika terdapat gas Co yang masuk ke kabin, setidaknya bisa langsung tersapu oleh terpaan angin yang masuk melalui jendela mobil.



Subscribe to receive free email updates: