Ketahui Waktu Tepat Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil

Advertisement
Tips ganti rem cakram mobil - rem adalah salah satu bagian paling vital yang ada pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan hingga kendaraan tersebut benar benar berhenti dengan sempurna. Oleh sebab itu kita perlu memberikan perhatian yang lebih pada bagian sistem pengereman, terutama untuk komponen kampas rem cakram depan mobil.

Setiap jenis mobil didesain penekanan rem bagian depan kendaraan lebih pakem ketimbang bagian belakang mobil, hal ini tentu saja sangat berguna untuk menghindari mobil lepas kendali saat dilakukan pengereman di medan basah.

waktu tepat ganti kampas rem cakram


Dan karena hal ini pulalah yang menyebabkan kenapa kampas rem bagian depan lebih cepat habis ketimbang kampas rem tromol belakang. Oleh sebab itu pastikan anda selalu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui tingkat keausan dari kampas rem cakram depan dari mobil kesayangan anda. Sehingga dengan begitu anda akan langsung tanggap jika melihat kampas rem sudah mulai menipis akan sesegera mungkin melakukan penggantian dengan kampas rem yang baru.

Terdapat dua cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap ketebalan kampas rem cakram, sehingga anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat mengganti kampar rem cakram mobil. Cara pertama adalah dengan melakukan pengamatan visual baik melalui celah velg atau melepas ban depan kendaraan, silahkan diperiksa secara visual dari ketebalan kampas rem, bila ukuran ketebalan kampasnya sudah mencapai 3 atau 4 mm lakukan segera langkah penggantian. Kemudian cara yang kedua adalah dengan mendengarkan suara derit ringan yang bersumber dari plat indikator keausan kampas rem cakram yang biasanya terpasang pada brake pad.

Untuk suku cadang brake pad atau kampas rem cakram sendiri sangat disarankan menggunakan suku cadang original agar nantinya tidak merusak rotor disc / disc brake. Atau bila anda kesulitan menemukan bengkel resmi, bisa mencoba produk aftermarket dari kampas rem cakram yang sesuai dengan jenis mobil anda, dan pastikan memilih type kampas rem yang semi - organik ( semi - metal ) dengan jumlah komposisi metalnya tidak lebih dari 30%. Di pasaran banyak sekali jenis jenis dari kampas rem cakram, sehingga jika anda asal beli justru akan membuat kerusakan pada cakram rem. Untuk informasi lebih lengkap mengenai jenis kampas rem silahkan baca melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Awas jangan sampai salah beli, kenali berbagai type kampas rem berikut

Nah itulah tadi informasi mengenai waktu yang tepat untuk melakukan penggantian kampas rem cakram depan mobil. Semoga sekilas info ini bermanfaat buat anda semua.



Subscribe to receive free email updates: