Mau berkendara jauh dengan mobil ? Perhatikan Tekanan Ban Mobil Anda

Advertisement
Tips perjalanan jauh dengan mobil - mudik lebaran adalah salah satu hal yang paling ditunggu tunggu khususnya oleh mereka yang sedang merantau jauh dari rumah. Dan pilihan yang tepat ketika mudik dalam perjalanan yang cukup jauh adalah dengan menggunakan mobil karena akan terasa lebih nyaman dan terhindar dari kecapaian bila dibandingkan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Nah salah satu hal yang perlu anda perhatikan sebelum mudik menggunakan mobil adalah mempersiapkan peralatan pendukung perbaikan ringan bila sewaktu waktu mobil terjadi kerusakan mendadak dijalan. Dan yang tidak kalah penting adalah memeriksa tekanan ban mobil yang akan anda gunakan perjalanan jauh. Untuk peralatan ringan yang sebaiknya dibawa silahkan baca kembali artikel kami lainnya mengenai peralatan yang wajib ada didalam mobil.

Mau berkendara jauh dengan mobil


Jika kalian ingin bepergian dengan jarak yang cukup jauh dengan mobil yang berisi udara biasa atau non nitrogen, sebaiknya anda gunakan tekanan terendah dari tekanan mobil standar yakni antara 29 sampai 32 psi. Kenapa demikian ? ban yang berisi udara biasa atau non nitrogen akan memuai bila dipakai untuk perjalanan jauh.

Bila kalian paksakan dengan mengisi tekanan ban yang tinggi maka lama kelamaan ban tersebut tekanannya akan semakin memuai dan semakin tinggi, hal ini akan berakibat kenyamanan perjalanan menjadi terganggu karena semakin mengerasnya ban mobil, terutama saat melewati jalanan yang kurang bagus akan terasa menyiksa.

Namun bila mobil yang kalian pakai berisi udara nitrogen, untuk ukuran tekanannya bisa kalian gunakan tekanan maksimal dari ukuran standard yaitu dikisaran angka 32 hingga 34 psi untuk kendaraan yang memuat beban sesuai standar, dan menggunakan tekanan antara 34 sampai 36 ntuk kendaraan yang membawa muatan berat atau sesuaikan seja tekanan yang sekiranya mobil bisa enak dikendalikan, karena udara nitrogen ini adalah udara kering sehingga kemungkinan memuai ketika dipakai dalam perjalanan jauh sangatlah kecil sekali.

Selain memperhatikan tekanan ban mobil, pastikan anda membawa perbekalan seperti kue atau snack dan air minum agar nantinya anda tidak garing diperjalanan dan kehausan :).

Baca juga : Tips aman saat mudik dari Auto 2000
Dan sebaiknya anda berhenti beristirahat setiap 4 jam sekali guna melemaskan otot yang tegang di rest area, sekalian untuk makan dan MCK ataupun melaksanakah ibadah sholat. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: