Mengenal Teknologi VVA di Skutik Baru Yamaha
Advertisement
Demikian halnya dengan teknologi VVA yang disematkan pada sepeda motor skuti buatan Yamaha ini yang sudah disematkan ke beberapa skutik mereka seperti Aerox 155, Tricity 155 dan juga Yamaha N-MAX.
Teknologi unggulan dari mesin motor Yamaha ini terletak pada bagian head cylinder dimana pada bagian ini terdapat dua buah profil camshaft yang satu digunakan untuk low speed sedangkan satunya lagi digunakan untuk high speed. Ketika mesin motor terputar dibawah 6000 rpm maka profil high speed ini masih belum aktif, dan ketika putaran mesin telah mencapai diatas 6000 rpm maka secara otomatis selenoid akan berfungsi untuk mendorong pen penghubung yang ada pada bagian tengah antara kedua camshaft.
Cara kerja teknologi VVA Yamaha
Cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana, yakni ketika sensor CPS ( Crankshaft position sensor ) mendeteksi putaran mesin mencapai diatas 6000 rpm, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU motor, yang selanjutnya oleh ECU sinyal ini diolah dan digunakan untuk mengaktifkan selenoid agar bekerja mendorong pen penghubung sehingga camshaft high speed akan aktif.Gambar detail teknologi VVA pada mesin motor Yamaha |
Dengan adanya teknologi VVA yang disematkan kedalam skutik Yamaha ini akan membuat efisiensi bahan bakar menjadi meningkat. Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja dari VVA ini pada motor skutik Yamaha silahkan lihat video yang kami sematkan dibawah ini.
Credit video
- Judul video : Yamaha N-MAX 150 VVA
- Channel : Abidinglobal
- Channel URL : https://www.youtube.com/channel/UCD-oTmBnhuo4Pe1CKCIqU-Q
Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.