Tips Menyalakan Mobil Mogok Dengan Memutar Ban Belakang

Advertisement
Tips menyalakan mobil mogok tanpa dorong - mengesalkan memang jika ketika kita sedang enak enaknya berkendara tiba tiba mesin mobil mogok. Yang lebih menjengkelkan lagi adalah starter kunci kontak tidak mampu menyalakan mesin akibat aki mobil sudah rusak atau sowak sehingga jalan satu satunya adalah dengan mendorong kendaraan tersebut dan melakukan starter manual dorong.

Lalu apa jadinya jika kalian sedang berkendara sendirian, dan disaat anda apes mobilnya mogok dan tidak ada orang sama sekali yang bisa dimintai bantuan ? Anda tetap bisa melakukan starter dorong sendiri dengan cukup memanfaatkan dongkrak mobil dan juga sabuk penderek mobil. Dengan begitu anda tidak perlu kebingungan lagi guna menyalakan mesin mobil yang mogok jika tidak ada orang yang membantu mendorong mobil untuk menstarter dorong.

menyalakan mesin mogok dengan tali

Dan cara melakukan starter manual dengan memutar roda mobil tata caranya adalah sebagai berikut :


  1. Cara ini hanya dikhususkan untuk mesin bertransmisi manual baik itu mesin berpenggerak depan atau belakang. Pertama silahkan anda dongkrak salah satu sisi ban kendaraan sampai terangkat sepenuhnya. Pastikan posisi dongkrak ini kokoh sehingga ketika mesin berhasil dinyalakan, dongkrak tidak terjatuh yang mengakibatkan kedua ban mobil menapak tanah sebab hal ini sangat berbahaya, mobil bisa meluncur bebas nantinya.
  2. Kemudian putar kunci kontak ke posisi On dan masukkan gigi perseneling ke gigi 3 atau gigi 4 agar tidak terlalu berat nantinya, jika mobil berpenggerak belakang silahkan di turunkan tuas rem tangannya.
  3. Setelah salah satu ban diangkat dengan menggunakan dongkrak, langkah selanjutnya adalah dengan melilitkan sabuk atau belt yang biasa digunakan untuk menderek mobil, lilitkan saja memutar. Setelah itu tarik sekuat tenaga sampai ban mobil terputar, putaran ban ini nantinya berguna untuk memutar poros engkol mesin sehingga memicu terjadinya proses pembakaran. Jika anda gagal ada kemungkinan tali belt tadi kurang panjang sehingga putaran ban kurang kencang, coba ulangi langkah diatas sampai berhasil.


Apakah menyalakan mesin dengan memutar ban berbahaya ?

Untuk merujuk pada tingkat bahayanya pun tergantung bagaimana cara anda melakukannya, jika anda mematuhi point point diatas tentu saja akan aman aman saja, namun bila anda melakukan kesalahan, misalnya posisi dongkrak tidak kokoh dan sewaktu mesin menyala dongkrak ini terjatuh dan otomatis mobil akan bergerak maju.

Apakah hanya roda sebelah saja yang diangkat / didongkrak ?

Ya benar, anda tidak perlu mengangkat kedua roda karena satu saja roda mobil yang terangkat, meskipun mesin mobil menyala dan di gas sampai mentok mobil tidak akan melaju karena danya salah satu ban yang tidak menapak tanah ini. Mobil hanya dapat berjalan jika kedua roda yaitu roda kiri dan roda kanannya menapak tanah.

Hal ini dikarenakan adanya gardan atau differensial dimana fungsi dari gardan ini mengatur beda putaran poros penggerak. Sebagai contoh bila anda tidak yakin, cobalah anda dongkrak kedua ban mobil bagian belakang untuk mobil berpenggerak belakang, selanjutnya minta salah satu teman kalian menahan salah satu roda, baru kemudian anda nyalakan mesin mobil dan masukan gigi perseneling. Maka ketika anda gas, ban yang ditahan menggunakan tangan oleh teman kalian tadi tidak akan bergerak, dan hanya pada ban yang tidak ditahanlah yang berputar sangat kencang. Ingat prinsip dan cara kerja gardan atau differensial ya, jika kurang paham bagaimana cara menyalakan mesin mogok dengan memutar roda mobil, silahkan anda simak video dibawah ini.





Credit video




Nah bagaimana apakah anda sudah paham dan mengetahui bagaimana cara menyalakan mesin mobil dengan cara memutar roda, tanpa harus didorong dan tanpa harus memerlukan bantuan orang lain. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan :).


Subscribe to receive free email updates: