Penyebab Kopling Bunyi Mencicit Saat Memindahkan Gigi Perseneling

Advertisement
Bunyi di bagian kopling mobil - pada sebuah kendaraan bertransmisi manual keberadaan sistem kopling manual memiliki peranan sangat penting bagi pengguna untuk melakukan perpindahan gigi perseneling sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa adanya kopling ini tentu saja kita tidak akan bisa melakukan perpindahan gigi perseneling. Untuk itulah anda sebagai pemilik seharusnya tahu tentang perawatan kopling mobil agar tidak mudah dihinggapi kerusakan yang akan merugikan anda.

Salah satu masalah yang timbul pada sebuah kendaraan bertransmisi manual pada bagian koplingnya adalah susahnya memindahkan gigi perseneling, timbul bunyi ketika pedal kopling diinjak, munculnya bunyi mencicit saat melakukan perpindahan gigi perseneling sampai yang paling parah adalah kopling mobil mengalami loss yang dikarenakan habisnya kampas kopling atau disc clutch. Nah untuk kesempatan kali ini penulis akan membahas satu dari sekian banyak problem yang ada pada sistem kopling yakni munculnya bunyi mencicit setiap kali mengoper atau memindahkan gigi perseneling.

release bearing rusak
Release bearing yang rusak akibat sudah termakan usia

Baca juga : Cara mengecek sendiri kampas kopling yang aus tanpa membongkar transmisi

Penyebab bunyi mencicit saat memindahkan gigi perseneling

Didalam sebuah sistem kopling mobil terdapat beberapa komponen yang diantaranya adalah roda gila atau fly wheel, kampas kopling atau disc clutch, sekat diafragma atau matahari, dan beberapa komponen pendukung yang berfungsi untuk memperhalus putaran dan mempermudah perpindahan gigi yaitu pilot bearing dan juga release bearing. Nah kedua komponen bearing inilah yang biasanya sering timbul bunyi mencicit saat memindahkan gigi perseneling karena komponen ini bisa aus dan rusak.


Penyebab release dan pilot bearing cepat aus

Untuk mengetahui kenapa komponen ini begitu cepat sekali aus juga tergantung dari cara pengemudi dalam memakai mobilnya. Semakin sering anda menginjak pedal kopling, maka secara otomatis bagian release bearing inipun juga akan sering terputar. Nah saking seringnya release bearing ini berputar membuat komponen ini mengalami panas, memuai dan gemuk atau grease yang berfungsi sebagai pelumas di dalam bearing ini akan menguap dan habis sehingga membuat gaya gesek anara bola bearing dan rumahnya semakin tinggi dan semakin aus, yang pada akhirnya bola bola tersebut akan rontok / hancur.

Cara mengatasi kopling bunyi mencicit saat oper gigi perseneling

Untuk satu satunya cara mengatasi kopling bunyi mencicit saat dipakai mengoper gigi hanyalah dilakukan pembongkaran dan dilakukan penggantian komponen pilot bearing dan juga release bearing dengan yang baru, karena komponen lama yang sudah rusak tidak bisa di repair karena barang tersebut adalah barang sekali pakai.

Baca juga : Ketahui penyebab pedal kopling terasa keras

Nah mungkin sampai disini penjelasan penyebab kopling bunyi mencicit saat pindah gigi serta cara menanganinya. Untuk tips agar anda tidak mengalami hal seperti ini dikemudian hari, sebaiknya setiap kali mengganti kampas kopling, usahakan anda juga mengganti bagian bearing ini dan jangan menunggu sampai rusak karena biaya pembongkaran kembali juga mahal. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: