Mengenal Mesin Indirect Injection Mobil

Advertisement
Apa itu indirect injection - Setelah sebelumnya kita membahas mengenai apa itu mesin mobil direct injection, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas teknologi injeksi pada mesin mobil indirect injection atau injeksi bahan bakar secara tidak langsung.

Perbedaan sistem indirect injection dibandingkan sistem direct injection hanyalah ada pada letak posisi nozzle bahan bakarnya saja, jika pada direct injection ( injeksi langsung ) posisi nozzle nya ada didalam ruang mesin, untuk yang indirect injection ini posisinya ada diluar ruang bakar.

mesin indirect injection
Indirect injection pada mesin diesel

Indirect injection pada mesin diesel

Seperti namanya indirect injection maka proses penyemprotan bahan bakar keruang bakar tidak terjadi secara langsung, melainkan disemprotkan kedalam ruang atau bilik terpisah, bukan ruang bakar utama.

Jadi untuk proses langkah kerjanya ialah ketika piston melakukan langkah hisap dan kemudian melakukan langkah kompresi, setelah piston mencapai titik mati atas, maka bahan bakar ini akan langsung disemprotkan kedalam bilik kecil ini, dimana selanjutnya bahan bakar ini akan dibakar menggunakan busi pijar yang kemudian proses pembakaran ini akan dilanjutkan atau diteruskan kedalam ruang bakar utama. Untuk lebih jelas mengenai sistem injeksi tidak langsung silahkan lihat gambar diatas.

Untuk mesin mobil diesel yang mengaplikasikan teknologi indirect injection ini biasanya dilengkapi dengan busi pijar atau busi pemanas yang digunakan untuk membantu proses pembakaran ketika kondisi mesin mobil ini dingin sehingga gampang untuk dihidupkan.

Indirect injection pada mesin bensin

Untuk mesin mobil berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi injeksi tidak langsung, maka posisi dari nozzle pengkabutan bahan bakar diletakkan pada jalur intake yang menuju keruang bakar.

Indirect injection pada mesin bensin
Indirect injection pada mesin bensin

Cara kerjanya adalah ketika piston melakukan langkah hisap, maka bahan bakar akan disemprotkan kedalam saluran intake, sehingga nantinya bahan bakar ini akan ikut terbawa masuk bersamaan dengan udara yang terhisap kedalam ruang bakar. Selanjutnya busi akan memercikkan bunga api dan terjadilah proses pembakaran.

 Kelebihan dan kekurangan mesin indirect injection

Selain memiliki keuntungan, mesin injeksi tak langsung ini pun juga memiliki kekurangan, dan dibawah ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan mesin injeksi indirect injection.

#Keuntungan dari Indirect Injection

Turbulensi yang tetap tinggi baik di putaran bawah maupun diputaran atas
Tidak membutuhkan sistem injeksi yang tinggi
Nozzle injector bahan bakar sangat kecil kemungkinan untuk tersumbat karena posisinya yang diluar ruang bakar.

#Kerugian dari Indirect Injection

Efisiensi pemakaian bahan bakar dan juga perpindahan panas yang rendah
Untuk menyalakan mesin mobil pertama kali ( start ) dibutuhkan kompresi mesin yang tinggi.

Baca juga : Mengenal teknologi direct injection pada mesin mobil



Subscribe to receive free email updates: