Bahaya Penggunaan Bensin Yang Mengandung Timbal

Advertisement
Bahaya bensin bertimbal - timbal pada bahan bakar kendaraan berfungsi sebagai zat aditif atau zat tambahan yang berguna untuk menaikkan bilangan oktan dari bahan bakar tersebut, tingginya nilai oktan yang ada pada sebuah bahan bakar ini memiliki manfaat yang penting untuk memperpanjang usia mesin dan menghindari mesin dari kerusakan serius akibat terjadinya knocking akibat memakai bahan bakar ber oktan rendah, selain itu penambahan timbal ini sangat bagus untuk menekan jumlah karbon dari emisi gas buang kendaraan.

Bensin bertimbal ini pernah digunakan secara global di tahun 1920 an dan saat ini penggunaannya sudah dilarang keras karena dampak berbahaya yang akan ditimbulkan oleh logam timbal yang bebas beterbangan di udara. Jauh sebelum adanya penambahan timbal pada campuran bahan bakar, mesin sering kali mengalami kerusakan akibat knocking karena bensin secara otomatis terbakar saat proses kompresi.

bahaya bensin mengandung timbal
Baca juga : Definisi nilai oktan pada bahan bakar bensin

Setelah sekian lama timbal digunakan sebagai zat tambahan guna menaikkan nilai bilangan oktan, layaknya buah simalakama, sisa proses pembakaran yang berupa asap bertimbal ini berdampak sangat mengerikan bagi kesehatan seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini, khususnya bagi manusia itu sendiri yang bisa terganggu kesehatannya akibat keracunan logam timbal. Ingat bahwa timbal ini termasuk kedalam golongan logam berat berbahaya dan beracun.

Karena semakin berkembangnya teknologi didunia otomotif juga memaksa para pengguna kendaraan tidak memakai bensin bertimbal karena bahan bakar yang satu ini sudah tidak cocok dengan catalityc converter, yaitu sebuah alat yang dipasang pada sistem gas buang kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kadar racun yang terkandung dalam gas buang kendaraan. Catalitityc tidak bisa bekerja dengan baik akibat adanya kandungan timbal yang ada dialam gas buang kendaraan sehingga mau tidak mau pengguna mobil atau motor yang menggunakan CC ( Catalityc Converter ) harus memakai bahan bakar tanpa timbal.

Lalu bagaimana cara memperoleh nilai oktan tinggi tanpa menambahkan timbal ?

Sebuah trial dan error juga pernah dilakukan oleh para peneliti untuk menaikkan nilai oktan pada bahan bakar, salah satunya adalah dengan menambahkan zat aditif lain yang dibuat dari etanol yang disebut dengan MTBE (methyl tertiary butyl ether, dengan rumus kimia C5H11O), namun ternyata zat aditif ini juga tak kalah bahayanya dengan timbal yang pada akhirnya ditemukanlah bahan aditif lain yang dapat dipakai untuk menaikkan nilai Oktan bensin yang tidak berbahaya yakni senyawa Etanol. Selain tidak berbahaya Etanol ini juga sangat mudah dibuat dengan jalan memfermentasikan berbagai jenis tumbuhan.

Bahaya bensin mengandung timbal

Dibawah ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari bensin yang mengandung timbal bagi manusia yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gangguan keracunan

Tubuh manusia yang terlalu sering menghirup asap kendaraan yang mengandung timbal, logam berat ini akan masuk kedalam aliran darah dan tidak bisa dikeluarkan, jika jumlah timbal dalam aliran darah manusia melebihi ambang batas yang ditentukan bisa membuat seseorang keracunan logam berat.


2. Gangguan sistem reproduksi

Timbulnya gangguan pada sistem reproduksi manusia akibat terlalu seringnya manusia terpapar oleh timbal akibat menghirup asap kendaraan yang memakai bensin bertimbal. Seorang ibu hamil yang sering terpapar asap bertimbal, secara otomatis logam ini akan mengendap didalam aliran darah si ibu hamil. Kemudian kandungan timbal ini juga ikut masuk kedalam tubuh janin melalui suplay oksigen dan nutrisi yang masuk. Gangguan sistem reproduksi akibat teraparnya logam timbal termasuk diantaranya adalah lahirnya anak dengan cacat mental, lahirnya seorang anak yang memiliki IQ yang jauh dibawah rata rata. Meninggalnya janin saat masih berada didalam kandungan, dan yang lebih menakutkan adalah resiko mandul / tidak bisa memiliki keturunan.


3. Gangguan pencernaan dan kecerdasan

Orang yang sudah keracunan logam timbal didalam aliran darahnya dapat memicu gangguan pencernaan seperti seringnya mual dan muntah, terjadinya gangguan kognitif pada anak anak dan yang paling parah adalah adanya gangguan pada sistem syaraf manusia.

 Baca juga : Dengan reset ECU bahan bakar avanza xenia jadi irit

Nah ternyata lebih banyak kerugiannya dibandingkan dengan keuntungan yang kita peroleh dari bahan bakar yang didalamnya mengandung timbal bukan ? Untungnya saat ini bensin bertimbal sudah dilarang sehingga resiko resiko diatas tidak perlu kalian cemaskan lagi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: