3 Benda Wajib Yang Harus Ada Di Vespa Jadul

Advertisement
Barang wajib di motor vespa lawas - siapa sih yang tidak mengenal dengan sepeda motor yang berasal dari negara italia yakni vespa ini. Di indonesia bahkan di beberapa negara lain masih banyak pecinta motor mesin kanan ini baik yang keluaran baru maupun motor vespa jadul. Namun walaupun vespa model terbaru sudah banyak beredar di indonesia, justru vespa tua lah yang banyak penggemarnya.

Umur motor yang sudah uzur memang harus membuat sang pemiliknya lebih memerhatikan masalah perawatannya, khusus untuk sepeda motor vespa jadul ini ada beberapa barang atau suku cadang yang hukumnya harus ada alias wajib di bawa kemanapun anda bepergian jika menggunakan motor ini. Apa sajakah benda wajib yang harus ada dan selalu dibawa di motor vespa lawas ?

barang wajib di vespa

Baca juga : Tips perawatan vespa agar selalu prima

Ketika benda tersebut diantaranya adalah busi, kabel gas dan juga kabel kopling, sebab ketiga benda inilah yang paling sering mengalami kerusakan dan bila anda tidak membawa suku cadangnya kemanapun kalian pergi.

1. Busi motor vespa

Keberadaan komponen yang satu ini tentu saja sangat vital bagi kendaraan bermotor yang berfungsi untuk proses pembakaran didalam ruang bakar mesin motor sehingga motor tersebut bisa digunakan. Karena motor vespa lawas ini masih menggunakan mesin 2 tak, maka kemungkinan terjadinya proses percampuran antara bahan bakar, oli dan udara tidak pas sangat besar terjadi, dah hal ini tentu saja akan membuat sistem pengapian menjadi kurang maksimal. Itulah sebabnya kenapa busi motor vespa ini seringkali bermasalah, daripada anda membongkar dan membersihkan bukanlah lebih baik anda ganti saja busi tersebut dengan busi cadangan sehingga menghemat waktu perjalanan anda.

2. Tali atau kabel kopling vespa

Masalah yang paling sering muncul pada motor vespa tua selain pada sistem pengapian, juga terdapat masalah lain yang biasanya sering dialami oleh pengguna motor vespa, yakni putusnya kabel kopling motor. Biasanya kabel kopling yang sudah lama dipakai akan menjadi keras dan selanjutnya bisa putus ditengah jalan. Coba bayangkan jika anda tidak membawa kabel kopling cadangan dan kabel kopling ini putus di tengah perjalanan anda ?

3. Tali atau kabel gas vespa

Sama halnya dengan kabel kopling, kabel gas yang kurang begitu diperhatikan perawatannya juga sangat rawan terputus ditengah jalan dan tentu akan membuat anda kerepotan jika sampai tidak membawa kabel cadangannya.

Ketiga suku cadang diatas harganya sangatlah murah bahkan per bijinya tidak sampai 20.000 rupiah, namun sangat penting dan berguna sekali bagi kalian ketika sedang melakukan perjalanan atau touring menggunakan motor vespa.

Baca juga : Lakukan persiapan ini sebelum mudik dengan sepeda motor

Oh iya pastikan juga anda membawa perlengkapan kunci kunci yang dibutuhkan seperti kunci busi, obeng dan juga kunci pas ring yang nantinya dipakai untuk melakukan penggantian sparepart diatas ya, jangan sampai kita bawa ketika benda diatas namun tidak membawa kunci kunci pendukung guna memasangnya loh.


Subscribe to receive free email updates: