Apa Itu ESC Electronic Stability Control Pada Mobil

Advertisement
Pengertian teknologi ESC pada mobil - ESC atau yang dikenal dengan istilah Electronic Stability Control sering juga disebut dengan istilah lain seperti DSC ( Dynamic Stability Control ) ataupun ESP ( Electronic Stability Program ) dimana teknologi ini sangat berguna untuk meningkatkan stabilitas dan juga keamanan sebuah kendaraan dengan cara melakukan pendeteksian khusus terhadap roda kendaraan yang kehilangan traksinya, kemudian sistem akan memberikan tenaga tambahan ataupun menguranginya pada bagian tersebut sehingga kontrol kendaraan menjadi terkendali.

Pengertian teknologi ESC pada mobil

Cara kerjanya simpel, pertama sistem akan mendeteksi bagian roda mana yang kehilangan traksinya saat melaju, baru kemudian dengan diatur oleh komputer, bagian roda yang kehilangan traksi tadi akan diperlambat dengan memberikan pengereman sehingga traksi akan didapatkan kembali. Perlambatan atau pengereman ini diterapkan secara individu ke bagian roda yang kehilangan traksi saja.

Beberapa sistem yang ada pada ESC juga kadang mengurangi tenaga mesin untuk memperoleh kendali kontrol jika mobil mengalami understeer ataupun oversteer.

Dengan kata lain sistem electronyc stability control ini TIDAK memberikan peningkatan kinerja kendaraan atau memberikan tingkat stabilitas yang lebih tinggi namun hanya sebatas mminimalisir kendaraan dari kehilangan kontrol sehingga si pengemudi dapat mengendalikan arah mobilnya.

Baca juga : Pengertian understeer dan oversteer pada mobil

Di beberapa merk mobil teknologi ini juga memiliki penamaan yang berbeda beda tergantung manufakturnya. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: