Home » » Bahaya Mencarger Didalam Mobil Hanyalah Mitos

Bahaya Mencarger Didalam Mobil Hanyalah Mitos

Advertisement
Mitos bahaya mencharger ponsel didalam mobil - ponsel atau smartphone saat uni memang menjadi kebutuhan pokok kita sehari hari, bayangkan saja kemana pun kita pergi, tak akan mungkin pernah kita ingin meninggalkannya bahkan ke kamar mandipun ada yang masih menenteng ponsel pintarnya.

begitupun ketika kita sedang bepergian tentu saja kita membutuhkan tempat pengisian daya bukan ?. Beberapa piranti tambahan yang sering digunakan oleh mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh adalah menggunakan powerbank ataupun memanfaatkan lubang lighter didalam mobil untuk mengisi daya baterai ponsel yang lowbet.

car charger adapter


Kemudian muncul rumor bahwa mengecas smartphone didalam mobil itu bahaya dengan alasan alasan yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya dan mungkin sebagian website hanyalah copas sana sini sehingga berita yang belum begitu benar ini cepat menjadi viral dan membuat kita menjadi percaya.

Salah satu alasan menurut rumor bahaya mengecas ponsel didalam mobil yang tidak mendasar adalah karena ketika mobil sedang berjalan dan gas naik turun, maka putaran alternator pun ikut naik turun dan membuat arus daya yang disalurkan ke beberapa komponen misalnya audio, sound system bahkan yang menuju ke lubang lighter tempat kita mencolokkan cas hp. Sehingga katanya jila arus yang tidak stabil digunakan untuk mencharger, bisa membuat ponsel cepat rusak baterainya, mengembung bahkan meledak.

Baca juga : Inilah bahayanya anda tidur di mobil dalam keadaan parkir dan mesin menyala

Tidak sedikit pula dari website website yang mengulas artikel seperti ini juga memberikan tips jika anda terpaksa ingin melakukan pengisian daya ponsel didalam mobil.

Padahal FAKTA nya tidak demikian, sebab saya adalah tehnisi di beberapa bengkel mobil ternama yang tahu bagaimana sistem elektrikal mobil ini bekerja. Dan dibawah ini adalah fakta yang membuktikan bahwa mengecas smartphone didalam mobil itu sebenarnya tidak berbahaya sama sekali.

Fakta mencharger ponsel di dalam mobil itu aman


1. Alternator adalah komponen pembangkit listrik dimana komponen ini menghasilkan suplay tegangan listrik ke seluruh sistem yang membutuhkan kelistrikan. Dan didalam sebuah alternator sendiri terdapat komponen dioda penyearah arus dari tegangan AC menjadi tegangan DC plus minus 12 ssmpai 15 Volt yang kemudian dipakai guna mengisi baterai AKI.
Baca juga : Fungsi alternator dan komponen alternator

2. Aki sendiri memiliki tegangannya tetap yakni rata rata kendaraan saat ini menggunakan AKI berdaya 12 Volt. Asal kalian tahu bahwa aki ini juga sebagai penstabil tegangan yang dihasilkan oleh alternator.  Sebelum listrik dari alternator mengaliri seluruh komponen kelistrikan, harus masuk terlebih dahulu melalui AKI baru kemudian disalurkan keseluruh sistem kelistrikan. Semua listrik yang masuk ke komponen2 elektrikal sebesar plus minul 12 Volt yang nantinya oleh masing masing komponen diturunkan lagi dengan rangkaian tegangan internalnya.
Baca juga : Tips ampuh merawat aki

3. Didalam setiap komponen mobil tentu saja dipasang yang namanya sekring atau fuse yang berfungsi sebagai pemutus arus jika terdapat hubungan arus pendek alias konslet, dan besarnya sekring ini tiap komponen berbeda beda. Didalam sebuah mobil terdapat hampir puluhan sekring atau fuse seperti fuse EFI, fuse head lamp, fuse fog lamp, fuse audio bahkan colokan lighter tempat anda mencolokkan charger ponsel pun juga dilengkapi dengan sebuah sekring.

4. Fakta ke empat adalah setiap colokan atau jack port adapter charger yang kalian gunakan untuk dicolokkan kedalaman lubang lighter tempat cas juga lagi lagi masih dilengkapi dengan komponen penstabil tegangan. Tidak percaya? Coba lihat disana terdapat tulisan berapa voltase dan arus in dan output nya. Masih kurang percaya ? Silahkan anda bongkar charger adapter anda atau cukup lihat foto dibawah ini.

car charger


cas hp mobil



Nah dari sekian fakta menjelaskan bahwa setiap tahap demi tahap terdapat sebuah pengaman yang bernama fuse yang difungsikan untuk langsung memutuskan sambungan listrik ketika arus tiba tiba meninggi agar nantinya tidak merusak komponen yang membutuhkan listrik. Dan juga setiap komponen adapter charger ini juga terdapat rangkaian penstabil baik tegangan maupun arus nya.

Apakah anda saat ini masih takun untuk mencharger ponsel kesayangan anda di dalam mobil ketika sedang dalam perjalanan ?. Tak jamin sampeyan galau tidak bisa facebookan, chatting dan lain sebagainya jika smartphone mati kehabisan baterai kemudian takut mengecas karena termakan isu isu tidak jelas di internet.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjawab kegundahan serta keragu raguan anda ketika ingin mengecas smartphone didalam mobil. Dan jangan lupa untuk dibagikan ke teman teman anda supaya mereka mendapatkan pengetahuan mengenai hal ini.


Anda juga bisa mencari artikel ini dengan kata kunci berikut


  • Apakah benar mengecas hp di mobil bisa meledak ?
  • Apakah mencharger ponsel di mobil itu berbahaya ?
  • Benarkan mengecas smartphone di mobil berbahaya ?
  • Mitos dan fakta mengecas HP di mobil
  • Mencharger HP di mobil tidak berbahaya
  • awas mencharger ponsel di mobil ternyata hoax








Advertisement