Tips Merawat Sepatu Safety Agar Awet

Advertisement
Perawatan sepatu safety - setiap benda yang kita pakai tentu akan mengalami kerusakan, termasuk juga berbagai alat pelindung diri atau APD yang berupa sepatu ini. Jika tidak dirawat dengan baik tentu sepatu safety pun akan mudah rusak dan anda pun jadi tidak mendapatkan perlindungan yang maksimal dari sepatu usang ini.

Oleh sebab itu pandai pandailah dalam melakukan perawatan sepatu safety ini, untuk sepatu keamanan ini memang kita dituntut harus memberikan perhatian extra sebab sepatu safety ini berbeda dengan sepatu model biasa. Dan dibawah ini adalah beberapa tips dan cara merawat sepatu safety yang bisa kalian terapkan.

safety shoes



  • Bersihkan dengan segera sepatu safety yang telah digunakan baik dengan mengelap atau menyemirnya, hal ini khusus untuk sepatu yang berbahan kulit agar tidak cepat terlihat usang nantinya. Khusus untuk sepatu yang berbahan suede anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat khusus yang halus dan lembut.
  • Bersihkan bagian bawah sole sepatu dari kotoran yang menempel sebab bahan sole karet ini termasuk bahan sensitif yang bila tidak rajin dibersihkan akan mudah rusak dan hancur.
  • Biasakan setiap selesai memakai sepatu safety ini, sebaiknya diangin anginkan atau dijemur dibawah terik matahari agar sepatu anda terbebas dari yang namanya jamur. Jamur yang berkembang biak didalam sepatu selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap juga tidak bagus untuk kaki anda.
  • Jika sepatu safety tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya dibersihkan dan disimpan didalam ruang hampa, misalnya dibungkus plastik bening dan mengeluarkan udara / oksigen didalamnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga karet sepatu tetap lunak dan tidak mengeras.
  • Anda bisa memanfaatkan odol atau pasta gigi untuk memoles sepatu safety yang berwarna putih. Hal ini bertujuan agar sepatu tidak pecah pecah dan tentunya akan jauh lebih awet.
  • Pastikan anda menggunakan sepatu ketika kaki dalam keadaan basah, sebab kaki yang basah dapat memicu pertumbuhan bakteri didalam sepatu tersebut yang dikemudian hari dapat menyebabkan bau tak sedap.
  • Jika kalian termasuk orang yang mudah berkeringat maka sebaiknya anda oleskan bedak tabur pada kaki, baru kemudian memakai kaus kaki dan kemudian sepatu. Hal ini bertujuan sama dengan point diatas yakni agar sepatu tidak bau.
  • Anda bisa membeli penyemprot khusus untuk sepatu yang memiliki fungsi untuk menjaga aroma sepatu menjadi segar dan tidak bau lagi. Di toko toko seperti indomaret pun sudah banyak menjual pengharum sepatu seperti ini.
  • Jika ada bagian sepatu yang sudah mulai mengalami kerusakan, misalnya sole sepatu yang terlepas anda bisa mengakalinya dengan memberikan cairan lem super agar merekat kembali. Jika tidak bisa maka sebaiknya anda membawanya kepada ahlinya yakni tukang sol sepatu untuk dilakukan perbaikan.
  • Karet sole sepatu pun ternyata memiliki kadaluarsa antara 4 hingga 5 tahun sehingga andapun juga perlu melakukan penggantian sepatu baru jika sepatu anda ternyata sudah melebihi usia 5 tahun.


Baca juga : Fungsi dan manfaat sepatu safety

Dengan selalu rajin melakukan perawatan pada piranti yang kalian miliki tentu piranti apapun itu akan menjadi jauh lebih awet. Biasanya sepatu khusus safety ini dalam pemakaian normal seorang mekanik atau pekerja bangunan adalah kurang lebih 3 tahun an.

Jika ternyata baru 1 tahun atau dibawah dua tahun sepatu anda sudah rusak berarti ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah anda kurang perhatian terhadapnya, dan kemungkinan kedua adalah sepatu tersebut berkualitas jelek. Semoga bermanfaat dan selalu perhatikan keselamatan dalam bekerja.


Subscribe to receive free email updates: