Apa Penyebab Lampu Motor Mobil Berembun ? Ini jawabannya

Advertisement
Lampu berembun - sering kali kita mengalami kejadian didalam headlamp motor ataupun mobil terisi oleh air padahal mobil atau motor tersebut tidak pernah tenggelam. Bahkan saking banyaknya seakan akan headlamp menjadi terlihat seperti akuarium, dan tentu saja kondisi yang seperti ini dapat menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikannya dan lampu lampu yang ada didalamnya menjadi rusak / mati.

embun lampu mobil

Sebenarnya air yang ada didalam lampu tersebut masuk tidak langsung berupa air, melainkan sebuah embun yang lama kelamaan semakin banyak. Dan alasan kenapa embun ini bisa masuk kedalam rumah lampu adalah karena adanya celah yang memungkinkan udara dari luar bisa masuk kedalamnya.

Baca juga : Tips cara mengurus BPKB hilang


Jika kalian mengalami kejadian seperti ini maka langkah pertama yang harus kalian ambil adalah melepas rumah lampu dan membersihkannya, kemudian melakukan penggantian balon lampu yang rusak berikut karet seal nya.


Cara membersihkan embun didalam lampu mobil atau motor


  • Untuk langkah membersihkan embun yang sudah terlanjur menggenang didalam rumah lampu adalah dengan cara melepas rumah lampu dari dudukannya, kemudian mengeluarkan air yang ada didalamnya dan mencuci rumah lampu tersebut hingga bersih.
  • Selanjutnya adalah mengelap bagian dalam rumah lampu agar benar benar kering dengan cara memasukkan ujung dari potongan kain kecil panjang kedalam rumah lampu, sedangkan ujung yang lainnya tetap kalian pegang. Kemudian semprot dengan menggunakan udara ( airgun ) sampai kain tersebut bergoyang goyang dan mengelap sisa air hingga kering. Setelah itu anda bisa memasang kembali rumah lampu / headlamp tersebut pada dudukannya semula.

seal anti embun

Ingat, pastikan anda mengganti komponen karet penyekat dan memastikan kondisi didalam rumah lampu tersebut hampa udara agar kejadian lampu berembun tidak terulang lagi.

Baca juga : Tips jitu berkendar di musim hujan agar tidak celaka

Nah bagaimana apakah anda sudah mengetahui penyebab lampu mobil atau motor berembun dan cara mengatasinya bukan. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: