Fungsi Turbo Timer Mobil Mesin Diesel
Home » » Fungsi Turbo Timer Mobil Mesin Diesel

Fungsi Turbo Timer Mobil Mesin Diesel

Advertisement
Fungsi dari turbo timer - Salah satu komponen suplemen untuk mesin diesel mobil yang sebaiknya anda pasang adalah turbo timer. Sebab dengan memasang alat tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan komponen turbo pada mobil kesayangan anda.

Fungsi utama dari alat turbo timer ini adalah memberikan jeda waktu mati mesin dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh kita sebelumnya sesaat setelah kunci kontak mobil di off kan. Jadi meskipun kunci kontak mobil telah di off kan dan dicabut, mesin mobil tersebut tidak akan langsung mati melainkan menunggu beberapa menit sesuai timer yang telah kita setel.

turbo timer murah


Kenapa mesin diesel sebaiknya harus dipasang turbo timer ?
Seperti yang kita tahu semua bahwa fungsi dari turbo itu sendiri adalah untuk meningkatkan performa mesin diesel dengan cara memanfaatkan gas buang yang akan digunakan untuk memutar turbin intake ( penghisap udara ) agar dapat menyuplai udara dengan baik, dan sebagian gas buang yang masin mengandung partikel bahan bakar yang bisa dibakar akan dikembalikan lagi kedalam ruang bakar.

Didalam mesin turbo tersebut terdapat komponen kipas baling baling / turbin yang berputar sangat kencang dan memiliki suhu yang sangat panas. Untuk menjaga turbin ini tidak mudah aus maka komponen ini dihubungkan dengan saluran oli pelumasan mesin turbo. Jika turbo ini berhenti secara mendadak dalam suhu yang panas, sedangkan turbin tersebut disiram oli pelumasan tentu saja akan membuat baja turbin menjadi rapuh, selain itu oli yang sejatinya digunakan untuk melumasi malah terbakar dan meninggalkan kerak.

Bila hal demikian diatas terjadi secara berulang ulang maka sudah dapat dipastikan mesin turbo akan mudah rusak. Dan dengan alasan inilah sebaiknya anda memasang alat yang dsebut dengan turbo timer pada mesin diesel bertehnologi turbo.

Baca juga : Bahaya mematikan mesin diesel tenaga turbo secara mendadak

Apakah memasang turbo timer ini perlu dilakukan ?
Sebenarnya hal ini juga tergantung dari anda selaku pemilik kendaraan bermesin diesel. Tanpa memasang alat inipun tidak masalah asalkan ketika anda hendak mematikan mesin mobil harus menunggu beberapa menit agar kondisi mesin menjadi idle terlebih dahulu barulah mematikan mesin. Namun dalam kenyataannya mobil milik kita juga dipinjam oleh orang lain yang mungkin tidak paham dan setelah menggeber kendaraan langsung mematikan mesin turbo mendadak begitu saja.


Baca juga : Cara mengurus BPKB kendaraan yang hilang

Nah bagaimana apakah anda sudah mulai paham dengan fungsi alat turbo timer diatas ?. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang memiliki kendaraan roda empat bermesin diesel bertehnologi turbo.


Advertisement