Begini Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai Lama

Advertisement
Perawatan mobil - mobil adalah salah satu barang yang masuk kedalam kategori mewah sehingga perlu diperhatikan perawatannya. Baik itu mobil yang sering dipakai ataupun yang jarang dipakai wajib selalu diperhatikan perawatannya.

Pada edisi kali ini kami mencoba memberikan tips bagaimana cara merawat mobil yang jarang dipakai dan ditinggalkan dalam waktu yang lumayan lama misalnya saja pergi liburan ke kampung selama 1 bulan penuh dan sebagainya.

parkir mobil
source picture from 6speedonline.com


Lepas kutub aki

Jika mobil anda sering ditinggal dalam waktu yang lama alangkah baiknya untuk melepaskan kutub baterai aki dari terminalnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsleting ketika mobil ditinggal pergi sebab banyak kejadian mobil yang diparkir kemudian tiba tiba terbakar habis.


Usahakan ban tidak menempel di lantai

Maksudnya adalah anda sebaiknya mendongkrak mobil kemudian memasangkan jack stand sehingga posisi ban terangkat dan tidak menyentuh lantai. Hal ini bertujuan agar bentuk ban tetap bulat sempurna, dan juga membuat suspensi tidak menerima beban kendaraan terlalu lama saat ditinggal pergi. Jika tidak dilakukan yang demikian sudah bisa dipastikan ban akan mengalami perubahan bentuk, serta kinerja suspensi menjadi tidak bagus.


Lepaskan atau bebaskan rem tangan / rem parkir

Setelah mobil tadi di dongkrak dan di jackstand, langkah selanjutnya ialah membebaskan rem parkir yang bertujuan untuk menjaga agar piston rem tromol belakang tidak melengket.


Lapisi wiper dengan menggunakan busa atau potongan kain.

Maksud dari melapisi wiper ini adalah untuk menjaga kelembaban karet wiper agar tidak mengeras. Kondisi karet wiper yang sudah mengeras tentu tidak bagus ketika menyapu air hujan yang jatuh pada permukaan kaca depan mobil.


Mengganjal ke empat roda dengan balok kayu atau paving block

Karena pada point diatas terdapat tips membebaskan rem parkir, sebagai gantinya anda bisa mengganjal ke empat roda mobil dengan menggunakan balok kayu ataupun paving block. Tips ini khusus untuk mobil yang tidak di jackstand dan posisi lokasi parkir dalam keadaan miring.


Berikan pengharum mobil dan tutup menggunakan cover

Memberikan pengharum ini bertujuan agar ketika mobil telah lama ditinggalkan dan hendak dipakai tidak akan tercium bau tidak sedap. Dan jangan lupa juga untuk menutup mobil kesayangan anda dengan menggunakan cover mobil agar debu atau kotoran tidak bisa masuk kedalam mobil melalui celah celah tertentu.

Baca juga : Arti ban vulkanisir dan bahaya memakainya

Nah begitulah cara merawat mobil yang akan ditinggal pergi lama dan jarang dipakai. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini.


Subscribe to receive free email updates: