Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras

Advertisement
Pedal kopling mobil keras memang menjadi masalah tersendiri bagi pemilik mobil bertransmisi manual, terlebih lagi bila terjebak macet tentu akan membuat kaki terasa pegal akibat terus menerus memainkan pedal kopling yang keras tadi.

Bahaya lain pun mulai timbul seperti berkurangnya fokus atau konsentrasi mengemudi akibat kejadian pedal kopling keras yang amat sangat berbahaya. Berkendara dengan konsentrasi yang tidak fokus dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan raya dan tentu saja hal ini akan merugikan kita ataupun orang lain bukan.

atasi pedal komping keras


Lalu apa penyebab pedal kopling terasa keras jika di injak ?. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi penyebab pedal kopling mobil terasa keras ketika di injak baik dari segi cara pemakaian ataupun perawatan yang kurang dipedulikan oleh para pemilik mobil, berikut adalah beberapa penyebab pedal kopling bisa menjadi keras diantaranya adalah sebagai berikut :

Cover clutch sudah usang

Ada beberapa pemilik mobil yang mungkin ingin menghemat pengeluaran dan ketika melakukan penggantian komponen kopling mereka hanya mengganti kampas koplingnya saja, padahal seharusnya setiap melakukan penggantian wajib mengganti satu set komponen yakni release bearing, cover clutch dan juga kampas kopling. Cover clutch yang telah usang tentu pelat dari sekat diafragmanya akan mengeras sehingga membutuhkan tenaga extra untuk menekannya.

Release bearing dan pilot bearing sudah rusak

Penyebab pedal kopling menjadi keras yang kedua ialah akibat sudah rusaknya komponen release bearing dan juga pilot bearing yang bisa mengakibatkan kerasnya pedal kopling.

Kampas kopling jelek

Tidak semua produk memenuhi kualifikasi, ada beberapa produk yang kurang bagus lolos dari pensortiran dan terjual di pasaran. Salah satu faktor yang menyebabkan pedal kopling menjadi keras ketika di injak juga berasal dari kampas kopling yang jelek ini ( walaupun kondisinya baru dan tebal ).

Cara menggunakan kopling yang salah

Tidak diperbolehkan menggunakan pedal kopling secara kasar seperti melepaskan dan menginjak pedal kopling secara keras dan cepat bak pembalap mobil di televisi. Sebab jika melakukan hal yang demikian akan membuat pelat kopling menjadi keras dan menyebabkan kerasnya injakan pddal.

Cara mengatasi pedal kopling yang keras ketika di injak diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan penggantian komponen kampas kopling satu set yang terdiri dari cover clutch, disk clutch, dan juga release bearing / pilot bearing.
  2. Memberikan cairan pelumas 4WD pada bagian release bearing melalui but atau penutup karet yang ada pada tuas penekan kopling.
  3. Usahakan menggunakan gigi satu ketika start, jangan langsung menggunakan gigi dua atau tiga.
  4. Menginjak dan melepas pedal kopling secara halus.
  5. Jangan terlalu sering menginjak pedal setengah kopling, kopling hanya di injak ketika mobil akan berhenti atau akan melakukan perpindahan gigi saja.
  6. Jangan menaruh kaki pada pedal kopling di sepanjang perjalanan.


Baca juga : Fungsi V belt yang harus kalian ketahui

Nah itulah tadi cara mengatasi pedal kopling yang keras dan juga mengetahui penyebab pedal kopling yang menjadi keras ketika di injak. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: