Inilah Alasan Mobil Susah Starter Ketika Diatas Rel Kereta Api

Advertisement
Susah Starter yang disebabkan oleh aki yang sudah usang atau rusak sih biasa, namun apa jadinya bila kondisi kelistrikan dan aki masih bagus namun mobil tidak dapat di starter, terlebih ketika mobil tepat berada diatas rel kereta api yang bisa jadi berakibat fatal seperti tertabrak kereta dan lain sebagainya.

Apa alasan mobil tidak dapat di starter ketika sedang diatas rel kereta api?

Memang banyak sekali kejadian mobil yang mogok ketika tepat berada diatas jalur kereta api beberapa menit sebelum kereta api lewat adalah karena seluruh sistem kelistrikan mobil serta starter mengalami kegagalan fungsinya akibat adanya gaya gesek dari roda kereta api terhadap rel nya sehingga terciptalah gelombang magnetik pada seluruh rel.

mobil mogok diatas rel
ilustrasi 2 buah mobil mogok diatas rel kereta api via safebraking.com


Dan dari impedansi tersebutlah yang menyebabkan mesin mati mendadak diatas rel. Belum lagi akibat adanya gaya magnetik di sepanjang rel tersebut membuat sistem starter menjadi kacau ( karena sistem starter juga mengunakan medan magnet ).

Nah, bagi kalian yang berkendara menggunakan kendaraan bermotor khususnya mobil, jika palang pintu kereta api sudah diturunkan jangan suka menyerobot masuk walaupun kereta apinya belum terlihat bila tidak ingin mobilnya mogok dan terjadilah hal hal yang tidak kita inginkan.

Tips bila terjadi mogok diatas rel kereta api


  1. Jika mobil kalian tiba tiba mogok diatas rel kereta api jangan langsung panik dan menstarter meesin karena biasanya akan gagal, langkah terbaik adalah seluruh penumpang keluar dan mulai mendorong mobil melewati lintasan rel kereta api baru kemudian mencoba starter di tempat lain.
  2. Jika anda hanya seorang diri ketika membawa mobil hendaklah meminta pertolongan orang disekitar dengan segera untuk membantu mendorong mobil.
  3. Jika kalian sendirian, melewati daerah sendirian dan ternyata mengalami hal apes tersebut, cobalah mendorong sendirian ketika kereta api masih jauh, bila tidak kuat dan tidak sempat mendorong sebaiknya menyelamatkan diri dan biarkan mobil kesayangan kita di seruduk eyang kereta daripada kita yang tidak selamat.


Baca juga : Inilah waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem mobil anda

Semoga artikel ini dapat memberikan penjelasan mengenai penyebab mobil mogog diatas rel kereta api. Ingat utamakan keselamatan diri daripada mobil :).


Subscribe to receive free email updates: