Tips Aman Mengganti Ban Mobil Sendiri

Advertisement
Banyak sekali kendala yang harus dihadapi oleh seorang pengemudi mobil,mulai dari waspada dan jaga jarak sekeliling,rasa kantuk yang melanda dan bahkan yang paling menjengkelkan adalah kempisnya ban mobil akibat bocor .

Dan ternyata saat ini masih banyak orang yang tidak tahu menahu cara mengganti ban bahkan gugup loh. Tak jarang juga dari mereka yang mengganti ban di tempat sembarangan yang mana bisa mengundang bahaya lain seperti kecelakaan. Untuk itu kami akan memberikan tips lengkap cara mengganti ban yang benar bila sewaktu waktu mengalami masalah seperti diatas.

Urutan Mengganti Ban Mobil Dijalan Yang Benar


ganti ban dijalan
original picture by : campanellas.com


  • Parkirkan kendaraan ditempat yang aman,di lajur paling kiri,hindari memarkirkan mobil tepat di bahu jalan atau di sekitaran tikungan jalan karena dapat menyebabkan kecelakaan fatal.
  • Selanjutnya tarik tuas handbrake dan nyalakan lampu HAZARD. Jangan lupa juga untuk mengambil segitiga pengaman dan menaruhnya kurang lebih 50 meter pada bagian belakang mobil,bila terlalu dekat ditakutkan pengendara lain tidak sigap dan menabrak mobil anda.
  • Selanjutnya persiapkan kunci kunci dan ban serep,longgarkan baut roda,kemudian dongkrak pada bagian roda yang ingin diganti. Untuk jaga jaga bilamana dongkrak jatuh,taruh ban serep yang akan dipasangkan ke mobil tepat disamping dongkrak ( dikolong mobil ).
  • Lepas semua mur,ambil roda dan taruh ban yang kempis dikolong mobil,kemudian ambil ban serep dan pasang.
  • Kencangkan kesemua mur,keluarkan ban dari kolong mobil,turunkan dongkrak secara perlahan kemudian kembali kencangkan mur ( bia perlu kunci palang / kunci roda di injak ).
  • Simpan ban yang kempis dan bereskan kesemua peralatan dan simpan di tempat semula ( bagasi atau toolbox ).
  • Nanti bila sewaktu waktu melewati toko ban,bisa melakukan penambalan atau penggantian ban.

Nah,dengan mengetahui cara mengganti ban yang benar diharapkan musibah seperti tertabrak oleh pengendara lain tidak terjadi. aminn.

Subscribe to receive free email updates: