Cara Merawat Busi Agar Awet

Advertisement
Cara Merawat Busi Agar Awet - Salah satu komponen mudah rusak yang wajib anda perhatikan adalah busi. Karena busi sangat penting bagi kendaraan bermotor apapun sebagai pemantik dalam proses pembakaran ( pengapian ).

Beberapa pengendara mungkin sebal ketika dalam perjalanan jauh tiba - tiba motor yang ia tunggangi mogok,ada beberapa orang yang lebih memilih langsung melakukan penggantian toh harganya yang murah antara 15rb hingga 20rb untuk busi biasa dan diatas 100rb untuk busi jenis platina iridium. Namun tentu hal ini juga akan merepotkan bukan?.

Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk merawat busi agar lebih awet sehingga waktu penggantian pun menjadi sedikit lebih lama.

Penggunaan bahan bakar

Bahan bakar sangat berpengaruh terhadap busi,Bahan bakar yang mengandung timbal ( premium ) biasanya lebih banyak menghasilkan karbon yang mengotori busi. Dan busi yang kotor otomatis tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk rekomendasi dari penulis gunakanlah bahan bakar tanpa timbal ( pertamax ).

Memang harga pertamak lebih mahal ketimbang premium namun yang perlu anda tahu dari pengalaman penulis melakukan uji coba dengan membeli masing - masing bensin dan pertamax seharga 20 ribu ternyata jarak tempuh motor dengan bahan bakar pertamax mampu menempuh jarak lebih jauh.

Cara Merawat Busi Agar Awet


Membersihkan secara berkala

Sesekali bila ada waktu luang ketika sehabis melakukan perjalanan jauh,bongkarlah busi serta membersihkan kotoran yang melekat pada anoda dan katodanya dengan cara menyikat menggunakan sikat berbahan kawat halus dengan dilumuri bensin. Setelah disikat rendamlah ujung busi kedalam bensin agar kerak yang menempel luruh / rontok.

Menyetel Celah busi

Setelah anda membersihkan busi dari kotoran akibat pembakaran yang tidak sempurna jangan lupa juga untuk menyetel celah busi menggunakan Spark plug gap gauge,beberapa kendaraan memiliki kerenggangan yang berbeda silahkan anda buka buku panduan pemilik.

Jalur Pengapian

Pastikan jalur didalam sistim pengapian berfungsi dengan baik terutama pada bagian kabel busi. Bila anda merasa pengapian sudah tidak sempurna bisa jadi ada bagian ini yang bermasalah. Segeralah melakukan penggantian bila ditemukan masalah.

Untuk persiapan dan jaga - jaga sebaiknya anda menyimpan busi cadangan sebanyak dua buah serta satu set perlengkapan kunci busi didalam bagasi motor,hal ini dimaksudkan agar ketika anda melakukan perjalanan jauh dan busi bermasalah anda bisa langsung segera menggantinya. Ingat jangan pernah mengeluarkan peralatan ini dari bagasi ya!.


Subscribe to receive free email updates: