Cara Mengetahui Keausan Ban Mobil

Advertisement
Demi keselamatan anda dan keluarga ketika berkendara slh satu hal yang paling penting adalah mengecek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan baik itu tekanan angin,apakah ada kebocoran,serta yang tak kalah penting ialah keausan ban akibat pemakaian yang sudah lama.

Apa jadinya bila niat hendak pergi berlibur di tengah jalan terjadi musibah karena anda tidak mengecek kondisi ban?.

source of pic : www.thedirectorypage.com
Ban yang sudah aus ( gundul ) sebaiknya sesegera mungkin kalian ganti,sebab ban tersebut sudah tidak memiliki kemampuan menapak dan mencengkeram aspal jalan dengan sempurna dibanding sebelum ban tersebut aus, terlebih lagi bila dipakai berkendara dalam kondisi hujan tentu rawan terjadi slip.

Untuk melihat ban aus atau tidak caranya cukup mudah,silahkan anda perhatikan gambar diatas. Bila anda jeli anda akan menemukan tonjolan kecil pada permukaan telapak ban seperti yang ditunjukkan gambar diatas. jika tonjolan tersebut sudah rata dengan permukaan ban maka sudah pasti ban anda sudah mengalami batas maksimal aus dan wajib dilakukan penggantian walau kembang ban masih terlihat jelas.

Jadi jangan menunggu hingga ban halus layaknya ban yang dipakai oleh mobil balap Formula1 baru kalian ganti. Ingat harga ban baru tidak sebanding dengan keselamatan anda dan keluarga. Tetap jeli,teliti dan waspadalah dalam berkendara.


Subscribe to receive free email updates: