penyebab karpet mobil depan kiri tiba-tiba basah

Advertisement
Karpet mobil basah - pernahkah anda mengalami kejadian dimana tiba tiba tanpa anda tahu dan mengerti karpet dasar bagian depan sebelah kiri mobil tiba tiba menjadi basah bahkan banjir?.
mungkin dari sebagian anda bertanya-tanya darimana asal muasal air tersebut bisa masuk dan menggenangi karpet?.

air tersebut adalah hasil dari kondensasi di area permukaan evaporator AC mobil ketika AC sedang difungsikan .air tersebut lama kelamaan akan menggenangi rumah evaporator bila tidak di buang melalui saluran buang yang disebut drain house.
dan posisi drain house ini letaknya telat di bawah dasboard sebelah kiri mobil,dan ketika saluran pembuangan air ini tersumbat maka yang terjadi adalah air tidak bisa mengalir melalui saluran tersebut secara sempurna.yang kemudian semakin lama semakin banyak dan terjadilah banjir tadi.


diagram kerja sistem ac mobil


untuk dapat mengetahui masalah yang umum penyebab saluran buang bisa tersumbat diantaranya adalah sebagai berikut.


  • evaporator kotor/jarang dibersihkan sehingga debu yang terperangkap oleh air akan terbentuk menjadi cairan seperti jelly yang nantinya akan ikut turun bersamaan dengan air limbah sehingga menyumbat aliran air tadi.
  • mobil tidak terpasangan AC air filter sehingga bila di dalam mobil terdapat kotoran seperti debu,sobekan kertas,spoon/busa akan terhisap ke dalam blower AC yang kemudian masuk evaporator sehingga terjadilah penyumbatan.



untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke bengkel.

    cara merawat AC
  • bila anda memiliki kompressor angin sendiri,anda cukup menyemprotkan angin secara perlahan pada ujung saluran buang sehingga kotoran yang menyumbat terdorong naik dan air dapat mengalir keluar secara sempurna.pastikan AC sudah anda nyalakan pada batas maksimumnya.
  • atau dengan mengambil sebatang lidi yang kemudian dapat anda gunakan sebagai alat penusuk ujung lubang saluran tadi.pastikan AC sudah anda nyalakan pada batas maksimumnya.
  • atau dengan cara membongkar/mengangkat karpet dasar mobil bagian depan kiri,kemudian anda raba raba sampai menemukan pipa saluran kecil berwarna hitam.silahkan anda lepas saluran tersebut .( cara ini bila didalam evaporator terdapat banyak sekali air mobil akan benar-benar banjir :))


sering seringlah anda servis evaporator di tempat khusus yang menyediakan jasa membersihkan area evaporator.biasanya di bengkel-bengkel resmi seperti toyota sudah menyediakan vendor khusus AC.

Dengan demikian anda tidak perlu lagi kebingungan dengan air yang tiba-tiba menggenang di karpet mobil.semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Subscribe to receive free email updates: