Tips Mencegah Lubang Baut Spion Dol

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - melakukan bongkar pasang baut / mur dengan interval yang terlalu sering, jika tidak dilakukan secara hati - hati tentu akan menyebabkan kerusakan. Baik kerusakan yang hanya sekedar slek ( salah ulir ), atau bahkan hingga ulir ikut tercabut akibat memasang terlalu kencang ( baut dol ) rentan terjadi.

Komponen motor yang sering kali di bongkar pasang selain baut drainase oli, satu diantarnya adalah kaca spion motor, banyak biker yang suka gonta ganti spion motor dengan alasan bosan melihat spion motor yang standar. Biasanya setelah mengganti model spion merk tertentu, tidak lama kemudian akan datang rasa bosan sehingga menggantinya dengan model lain yang menurutnya jauh lebih menarik, begitu seterusnya.

Tips Mencegah Lubang Baut Spion Dol


Padahal bagian ulir lubang baut spion sangat rawan aus jika spion terlalu sering dibongkar pasang. Terlebih lagi bila menggunakan spion aftermarket yang ternyata ulir bautnya berbeda dengan ulir yang ada di lubang spion, otomatis ulir lubang spion pun akan langsung jebol jika dipaksakan.

Yang lebih cilaka lagi rata - rata motor ( bebek ) yang kita miliki memiliki lubang spion yang menempel dengan master rem depan, sehingga jika terjadi dol kita harus membawanya ke tukang bubut, mengakali dengan memberikan lem atau mengganti satu set master rem yang baru.

Nah untuk mencegah agar tidak terjadi hal yang demikian, sebelum melakukan bongkar pasang spion motor pastikan bahwa ulir yang ada di spion maupun lubangnya sama. Cirinya adalah ketika kalian coba pasang dengan menggunakan tangan tidak terasa keras saat diputar. Bila saat diputar menggunakan tangan ternyata terasa keras, sebaiknya jangan kalian paksakan sebab hal ini tentu hanya akan merusak ulir baut yang ada.

Selanjutnya setelah mencoba memasang tidak dirasakan berat, lepas kembali spion lalu olesi bagian ulirnya dengan menggunakan pelumas, bisa menggunakan gemuk atau oli yang tidak terpakai, selanjutnya kalian bisa pasang kembali spion ke lubangnya. Sebagai pengaman tambahan disarankan meneteskan semacam cairan pengunci mur seperti loctite, sehingga kita tidak perlu memutar mur pengunci spion terlalu keras.

Untuk mencegah kerusakan lain, misalnya spion motor macet akibat bautnya sudah karatan, kalian bisa melakukan bongkar pasang dan memperbarui pelumas ulir setidaknya satu kali dalam sebulan. Bagi yang suka gonta - ganti spion tiap hari atau minggu, mungkin sebaiknya kalian perlu menambahkan mount spion adaptor yang sesuai.



Subscribe to receive free email updates: