Penyebab Kiprok Motor Rusak

Advertisement
Penyebab kiprok rusak - kiprok atau dalam bahasa teknisnya disebut regulator adalah salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, sebab bila kiprok motor ini sampai rusak akan menyebabkan berbagai masalah pada kuda besi kita. Mulai dari lampu - lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan sampai masalah pada sistem pembakaran mesin.


Fungsi kiprok sepeda motor

Secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini adalah sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Umumnya kiprok ini memiliki 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama ( walaupun saat ini banyak yang sudah menggunakan jalur DC ), dan sisanya adalah untuk jalur kelistrikan DC yang digunakan untuk pengisian aki, pompa bahan bakar, lampu - lampu kecil seperti lampu sein dan lain sebagainya.

Jika sampai kiprok ini rusak, maka akan menyebabkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak mampu mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan jika aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap digunakan untuk proses pembakaran, lama kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.

Baca juga : Yuk belajar tentang kelistrikan sepeda motor disini

Penyebab kiprok motor rusak

Adapun penyebab kenapa kiprok motor bisa sampai rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurs AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.

Karena menghasilkan panas saat bekerja inilah kenapa pada bagian kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak bisa didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.

Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan mudah sekali rusak.

Baca menarik lainnya : Masalah yang siap mengintai anda jika kiprok sampai rusak

Nah sedikit tips agar kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan dapat dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, karena selain dapat menyebabkan umur kiprok pendek juga bahaya terhadap keselamatan.

Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, misalnya menggunakan lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau bisa juga di modifikasi kiproknya agar dapat memenuhi kebutuhan kelistrikan motor setelah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: