Home » » Tips Mengemudi Mobil Di jalanan Rusak

Tips Mengemudi Mobil Di jalanan Rusak

Advertisement
Tips mengemudi mobil - tidak semua jalanan yang ada di indonesia ini kondisinya mulus dan rata, bahkan sebagian besar jalanan yang ada bisa dikatakan kurang bagus, apalagi untuk jalanan yang ada diperbatasan. Maka dari itu kita sebagai pengemudi harus siap menghadapi jalanan yang jelek ini dengan sebaik mungkin.

Tips Mengemudi Mobil Di jalanan Rusak
Bad road condition, credit image by : comedytrafficschool, com


Memang tidak ada trik khusus yang bisa dilakukan ketika kita melewati jalan yang kondisinya rusak, namun begitu anda diharuskan selalu waspada dan tanggap ketika mobil mulai melaju di jalanan yang kurang bersahabat. Nah adapun tips yang bisa kalian lakukan ketika berkendara di jalanan yang kurang bagus diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perlambat laju mobil

Sangat membahayakan jika kita tetap memaksakan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat melewati jalanan yang rusak. Selain membuat tidak nyaman baik anda maupun penumpang, resiko mobil mengalami kerusakan maupun kecelakaan di jalan semakin besar. Maka dari itu jika anda sedang mengemudi dan memasuki jalanan yang rusak, sebaiknya kurangi kecepatan mobil atau pelankan laju kendaraan sampai anda memasuki jalanan yang kondisinya bagus.

Baca juga : Inilah keunggulan memakai angin nitrogen pada ban

2. Jaga jarak aman dengan kendaraan didepan

Baik di jalanan yang kondisinya bagus maupun rusak sangat disarankan untuk selalu waspada dan jaga jarak dengan kendaraan yang ada didepan. Sebab biasanya banyak orang yang mengerem secara mendadak di jalanan yang kurang bagus tanpa memperhatikan kendaraan yang ada dibelakangnya, sehingga rawan terjadi tabrakan ringan / benturan dari belakang karena terlalu dekatnya jarak antara kedua mobil. Dengan menjaga jarak lebih jauh anda akan terhindar dari kecelakaan ringan. Selain itu dengan menjaga jarak lebih jauh saat mengemudi di jalan rusak, anda jadi bisa lebih leluasa memperhatikan kerusakan jalan yang kalian lalui, sehingga anda akan lebih mudah mengambil keputusan.

3. Jaga konsentrasi saat mengemudi

aspek yang sangat penting yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan di jalan raya adalah selalu waspada dan konsentrasi saat berkendara. Dengan kita berkonsentrasi penuh saat mengemudi, anda akan lebih mampu mengendalikan kendaraan dan lebih cepat mengambil keputusan saat melintasi jalanan yang kurang bersahabat. Tentunya hal ini dapat menghindarkan anda dari tindakan manuver berbahaya yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan selama berkendara.

4. Hindari melakukan manuver berbahaya

Selain jalanan yang berbatu / berkerikil, masalah utama yang ada di jalan adalah terdapatnya lubang menganga pada aspal jalan. Kondisi ini tentu saja membuat pengemudi yang kurang konsentrasi menjadi kehilangan kewaspadaan dan melakukan manuver berbahaya. Dengan menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan didepan, anda dapat lebih leluasa mengamati seberapa dalam lubang yang ada didepan, sehingga anda dapat melakukan pengereman lebih awal. Sebisa mungkin jika ada lubang dijalan jangan melakukan manuver banting setir karena sangat berbahaya, cukup pelankan kendaraan dan lewati lubang tadi secara perlahan lahan.

5. Waspada dinding ban tergesek pinggir lubang

Memang yang satu ini membutuhkan feeling yang tepat guna memastikan seluruh ban mobil dapat memasuki lubang tanpa tergesek bagian dindingnya bila memang terpaksa ban mobil harus masuk lubang yang menganga di jalanan. Sebab kontruksi terlemah pada ban mobil ada di bagian dindingnya. Jika sampai dinding ban bergesekan dengan pinggiran lubang yang tajam dijalanan, ban mobil bisa pecah.

Baca juga : Inilah perbedaan ban jenis A/T H/T dan M/T

Bila anda ragu ragu setelah melewati lubang besar dijalanan, tidak ada salahnya menepikan mobil dan memeriksa kondisi ban mobil, jika terdapat robek walaupun tidak sampai pecah, sebaiknya ganti saja ban tersebut dengan ban serep yang kondisinya lebih bagus.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan mengenai cara berkendara di jalanan yang rusak menggunakan mobil, semoga bermanfaat.



Advertisement

Advertisement