Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Cat Oven

Advertisement
Pengertian cat oven mobil - sitilah cat oven memang sering kali terdengar ditelinga kita, dan istilah cat oven ini sering digunakan oleh bengkel bengkel body repair maupun bengkel khusus pengecatan saat mereka menawarkan jasa pengecatan kepada konsumennya. Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cat oven ini ?

paint booth
Image by : https://gfsboothblog.com/2015/07/23/problem-solved-bigger-better-paint-booth-for-auto-body-shop/


Pengertian cat oven

Sebenarnya cat oven ini bukanlah sebuah nama atau merk cat, cat oven ialah sebutan teknik pengecatan mobil yang menggunakan fasilitas ruangan tertutup khusus layaknya sebuah oven yang digunakan untuk mengerjakan pengecatan mobil.

Fungsi paint booth

Fungsi dari ruangan oven atau dalam bahasa tekniknya disebut dengan paint booth ini memiliki fungsi yang sangat krusial, keberadaan ruangan paint booth ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan proses pengecatan yang bebas dari debu dan juga kotoran, sehingga selain menghasilkan cat yang berkualitas bagus juga sangat menghemat waktu pengerjaan, sebab dengan menggunakan paint booth ini kita tidak lagi tergantung cuaca dalam hal pengeringan cat.

Secara garis besar, sistem pengecatan dengan cara ini adalah sirkulasi udara yang lancar dan juga kebersihan udara,sehingga jika sirkulasi udara lancar, uap yang berasal dari sisa proses pengecatan yang tak menempel dapat langsung terbuang. Selain itu bila airflow nya lancar, maka kinerja dari si tukang cat akan lebih maksimal.

apa itu cat oven


Selain sirkulasi yang lancar, keberadaan udara yang bersih juga menjadi faktor penting dalam proses pengecatan dengan cat oven. Tentu percuma bukan bila airflow yang terhisap adalah udara yang berkualitas kotor, mengandung debu misalnya, hal ini hanya akan merusak saja karena debu yang ikut terhisap malah akan mengotori permukaan body mobil yang sedang di cat sehingga hasil pengecatan malah semakin buruk.

Maka dari itulah paint booth yang baik digunakan untuk proses cat oven adalah yang mampu memberikan atau menyediakan sebuah aliran udara yang bersih dan bebas debu maupun kotoran lain, terlebih lagi jika mampu memberikan sebuah pemanasan dengan suhu tertentu yang berguna untuk mempercepat proses pengeringan cat.

Baca juga : Tips cermat memilih warna cat mobil agar terhindar dari kecelakaan

Asal muasal istilah cat oven

Istilah dari pengecatan secara oven ( cat oven ) ini bermula pada sebuah ruang pengecatan atau paint booth profesional dimana pada ruangan tersebut terdapat beberapa elemen pemanas, entah itu dengan menggunakan lampu infra merah maupun memanfaatkan heater yang mampu memberikan suhu ruang mencapai 60 derajat Celcius sehingga mirip dengan mobil yang sedang di cat dan dioven. Karena harga dari sebuah paint booth kelas professional sangatlah mahal, membuat tidak banyak bengkel pengecatan yang menggunakan metode pengecatan seperti ini dan lebih mengandalkan pengecatan biasa yang dilakukan di tempat terbuka dan untuk proses pengeringannya pun memanfaatkan terik panas matahari.

Untuk beberapa bengkel pengecatan yang tertarik untuk menerapkan metode ini, biasanya membangun sebuah paint booth custom dengan prinsip kerja yang sama dimana ruangan custom ini mampu memberikan airflow yang bersih, namun untuk elemen pemanas seperti lampu infra merah maupun heater mereka ganti dengan menggunakan lampu sorot yang memiliki daya 300 Watt yang biasanya berjumlah  6 hingga 8 buah per paint booth booth. Lampu sorot tersebut juga lumayan efektif mengingat dengan jumlah lampu yang demikian per paint booth mampu menghasilkan panas sebesar 40 derajat celsius.

paint booth custom / home made


Kelebihan cat oven

Pengecatan dengan menggunakan teknologi paint booth ini tentu saja memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknik pengecatan biasa. Salah satu kelebihan mengecat dengan menggunakan cat oven adalah hasil pengecatan yang bersih halus serta memiliki efek kilau. Selain itu karena didalam ruang paint booth terdapat elemen pemanas, maka pengeringan tidak lagi tergantung oleh cuaca, cukup dikeringkan didalam ruang oven saja menggunakan elemen pemanas tadi, jauh berbeda dengan pengecatan yang sangat tergantung dengan terik matahari guna proses pengeringan cat.

Kekurangan cat oven

Kekurangan dari pengecatan secara oven ini adalah harga nya yang sangat mahal, jika dibandingkan dengan pengecatan model biasa seharga 4 hingga 6 jutaan, untuk pengecatan secara oven ini bisa diatas 8 juta bahkan sampai puluhan juta rupiah tergantung ukuran mobil serta merk dan kualitas cat yang seperti apa yang diminta oleh konsumen. Selain itu keberadaan bengkel cat oven ini tidak banyak karena mahalnya investasi yang harus dikeluarkan untuk membeli paint booth profesional, kalau yang model custom nya saja sepertinya sudah mulah banyak bermunculan.

Baca juga : Ketahui penyebab cat mobil / motor cepat rusak

Nah itulah tadi penjelasan mengenai apa itu cat oven, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih juga telah berkunjung. Bila berkenan silahkan di bantu share artikel ini, terimakasih dan salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: