Home » » Berapa Lama Usia Aki Kering Motor ?

Berapa Lama Usia Aki Kering Motor ?

Advertisement
Usia aki motor standar - problem yang banyak dikeluhkan oleh para biker salah satunya adalah kondisi aki motornya yang suka sekali ngedrop, bahkan belum ada satu tahun diganti aki sudah ngedrop kembali.

Selain menambah biaya pengeluaran berupa pembelian aki baru, seringnya aki motor sowak ini juga membuat kita kerepotan saat menyalakan motornya. Pasalnya starter elektrik tidak dapat berfungsi sebagaimana menstinya, satu satunya jalan untuk menyalakan mesin motor jika aki sudah melempem seperti ini ialah dengan menggunakan kick starter.

Berapa Lama Usia Aki Kering Motor ?
Ilustrasi aki kering motor GS, image by tokopedia,com


Nah lalu bagaimana nih dengan motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter ? ya harus starter dorong.

Sebenarnya dalam keadaan normal berapa sih usia aki sepeda motor ini ?

Pada umumnya aki sepeda motor normalnya bisa bertahan antara 1.5 hingga 2 tahun, atau jarak tempuh motor yang telah melewati 20.000km baru aki akan terasa menurun performanya. Namun bila masih dalam hitungan bulan dengan jarak tempuh hanya beberapa ribu km, misalnya baru 2 bulan dengan jarak tempuh baru 2000km aki baru diganti sudah tekor lagi, pasti ada masalah pada sistem elektrikal motor yang kalian miliki.

Hal yang bisa menyebabkan aki mudah tekor biasanya karena regulator / kiprok motor yang berfungsi sebagai penyearah dan pembatas tegangan mengalami kerusakan, sehingga pengisian aki pun menjadi terganggu. Rusaknya kiprok ini biasanya dikarenakan faktor kualitas kiprok itu sendiri maupun karena faktor usia.

Penyebab aki motor gampang tekor selanjutnya disebabkan adanya kebocoran didalam rangkaian kelistrikan motor. Hal ini biasanya karena adanya modifikasi di bagian kelistrikan yang dilakukan secara sembarangan, Sehingga walaupun kondisi motor sudah dimatikan, energi listrik yang tersimpan didalam aki tetap terpakai.

Selain itu penggunaan alat kelistrikan yang diluar standar juga bisa membuat aki motor jadi mudah tekor, misalnya bohlam yang seharusnya 25 watt diganti dengan bohlam 35 watt.

Baca mekarik lainnya : Bisakah aki kering di cas ? cari tahu disini yuk . . .

Nah jika ada diantara kalian yang mengalami masalah aki motor yang baru beberapa bulan diganti sudah ngedrop lagi, siapa tahu ada masalah baik dibagian sistem pengisian aki, adanya modifikasi di bagian sistem elektrikal, atau anda memakai komponen yang diluar standar pabrikan. Untuk perbaikan anda bisa mengecek ulang modifikasi kelistrikan yang pernah kalian lakukan, serta memeriksa apakah kiprok dalam keadaan bagus atau sudah rusak. Semoga bermanfaat.



Advertisement