Home » , » Bingung Pilih Truk Isuzu Elf Atau Mitsubishi Colt Diesel

Bingung Pilih Truk Isuzu Elf Atau Mitsubishi Colt Diesel

Advertisement
Pilihan truk pengangkut terbaik - bagi para calon perusahaan angkutan baru mungkin saja merasakan kebingungan untuk memilih jenis truk apa yang sebaiknya digunakan, bukan karena apa apa sebab jika sampai salah pilih truk bisa bisa malah membuat produktifitas usaha menjadi terganggu akibat seringnya truk mengalami kerusakan di jalan raya.

Dari sebagian besar merk truk yang beredar, dua jenis truk tangguh merk Isuzu dengan Isuzu Elf nya dan juga Mitsubishi dengan Colt dieselnya membuat mereka bingung sebaiknya memilih truk mana yang nantinya dapat dijadikan ujung tombak bisnis yang sedang dijalankan.

Isuzu VS Mitsubishi colt diesel



Untuk pemilihan truk sendiri kita harus melihat terlebih dahulu digunakan sebagai apa nantinya truk tersebut, serta jalanan yang seperti apa yang akan dilalui nantinya, apakah jalanan yang rata seperti jalur antar kota yang tidak begitu banyak tanjakan tinggi, ataukah nantinya akan digunakan untuk melewati jalanan tanjakan yang terjal. Serta seberapa besar kapasitas barang yang akan diangkut oleh truk tersebut. Nah setelah anda mengetahui kedua hal diatas, maka proses pemilihan truk akan semakin memudahkan anda.

Truk untuk jalanan rata ( bukan untuk menanjak )

Truk yang penulis maksud disini ialah truk yang nantinya digunakan untuk mengangkut barang dengan berat tonase standar truk, serta melewati jalanan yang mulus, rata dan pastinya datar alias tidak menanjak naik turun bukit. Misalkan saja untuk mengantarkan telur dari kota blitar ke kota besar surabaya dimana jalanan yang dilalui tidak ada tanjakan yang berarti, maka pilihan terbaik jatuh ke Mitsubishi Colt Diesel.

Alasan kenapa memilih truk Mitsubishi Colt Diesel ini adalah karena jalanan yang dilalui tidak menanjak, jadi yang dibutuhkan hanyalah power atau tenaga mesin saja, torsi besar tidak diperlukan untuk itu. Selain itu juga harga jual kembali alias harga bekas truk Mitsubishi Colt Diesel lebih tinggi ( walaupun harga beli lebih mahal disini ) ketimbang truk merk Isuzu. Dan yang paling penting lagi adalah sparepart atau suku cadang truk Mitsubishi ini jauh lebih banyak dijual di toko onderdil dibandingkan suku cadang Isuzu Elf.

Truk untuk jalanan menanjak naik turun bukit

Nah jika nantinya truk akan difungsikan sebagai pengangkut barang yang rute nya harus melalui perbukitan tinggi, atau truk tersebut nantinya akan dijadikan Dam Truk untuk mengangkut urukan seperti di proyek proyek pembangunan, pilihan terbaik jatuh pada Isuzu Elf, sebab Isuzu sudah terkenal dengan tenaga nya yang besar dan mampu menanjak di kemiringan yang lebih ekstrim dibandingkan dengan Colt Diesel.

Jadi saat akan melewati tanjakan tidak perlu ancang ancang ngebut dari jauh untuk bisa menakhluk kan tanjakan, cukup anda pergunakan gigi rendah dan injak gas seperti biasanya truk pun mampu menanjak. Untuk jalan menuruni bukit juga sangat gampang ditakhlukkan dengan menggunakan exshaust brake atau rem knalpot. Alasan memilih truk Isuzu untuk penggunaan medan yang berbukit seperti ini adalah produk dari Isuzu terkenal dengan torsi nya yang besar dan bandel mesin dieselnya.

Banyak orang yang sudah malang melintang di kendaraan bermesin diesel bilang, orang pintar bila ingin membeli mobil bermesin diesel ya pilih Isuzu. Memang pernyataan ini sangat benar dan realistis, namun kembali lagi ke anda sebagai calon pembeli, jika yang anda butuhkan adalah purna jual yang tinggi dan jalanan yang dilalui tidak sebegitu menanjak maka pilihlah Mitsubishi Colt Diesel, namun jika yang anda butuhkan dari truk tersebut adalah kemampuannya dalam menanjak maka truk Isuzu Elf lah pilihan terbaiknya.

Sumber : Diskusi bersama sopir dan teknisi truk

Dibawah ini ada beberapa tulisan kami yang berkaitan dengan truk yang mungkin saja bermanfaat juga untuk anda baca.





Semoga bermanfaat dan salam trukmania.



Advertisement

Advertisement