Home » » Waspadai Resiko Bahaya Menggunakan RoofBox Mobil

Waspadai Resiko Bahaya Menggunakan RoofBox Mobil

Advertisement
Ketahui resiko penggunaan roofbox - di musim liburan seperti liburn akhir tahun seperti ini mungkin kalian akan sering melihat banyak mobil berseliweran di jalan raya yang mengangkut banyak sekali barang bawaan untuk liburan. Saking banyaknya hingga tidak muda dimasukkan kedalam bagasi mobil, mereka meletakkannya di bagasi portable yang di pasang diatas mobil yang dikenal dengan nama RoofBox. Yang tidak memiliki atau belum sempat membeli roofbox biasanya hanya menumpuknya diatas mobil lalu kemudian mengikatnya dengan pengikat.

Karena cara lama ini dianggap terlalu beresiko sewaktu waktu barang bawaan terjatuh, banyak pemilik kendaraan kemudian memilih memasang roof box karena dianggap cara ini lebih aman sebab barang bawaan kita jadi tertutup rapat, terlihat rapi dan yang paling penting adalah tampilan mobil menjadi lebih gagah dari yang biasanya.

roofbox
Roofbox via motortrend.com

Resiko penggunaan roofbox mobil


Namun anda juga perlu tahu bahwa menggunakan roofbox di atas mobil ini juga ada resikonya. Memang secara kasat mata menggunakan roofbox ini terkesan rapi. Salah satu resiko yang nantinya akan kalian hadapi adalah resiko borosnya pemakaian bahan bakar kendaraan. Kenapa demikian ? sebab dengan memasangkan roofbox di atap mobil membuat aerodinamis mobil tersebut terhambat. Pendapat ini juga pernah dikemukakan oleh trainer Nissan bapak sugihendi dari PT Nissan Motor Indonesia.

Resiko yang nantinya akan kalian hadapi selanjutnya adalah jika pemasangan roofbox ini kurang tepat sama bahaya nya dengan cara lama yang mengikat tumpukan barang bawaan dengan menggunakan tali. Biasanya mobil yang memang tidak didesain menggunakan roofbox seperti avanza akan menggunakan aksesoris aftermarket yang belum teruji keamanannya diluar ketentuan bengkel resmi, agar nantinya bisa dipasang rooftrail sehingga bisa dipakai untuk meletakkan roofbox. Bahayanya misalnya jika sewaktu waktu roof rail beserta roofbox nya terjatuh di jalanan, jika menimpa pengendara lain tentu akan merugikan bukan ?

Resiko ketiga ketika anda memutuskan untuk memasang roofbox adalah titik berat dari mobil menjadi berubah atau bergeser. Dengan begitu handling kendaraan pun jadi terganggu. Misalnya saat anda berkendara dan membelok di tikungan, mobil akan cenderung lebih miring dan rawan terbalik apa lagi jika dalam kecepatan tinggi.

Berarti memasang roofbox tidak aman donk ?

Selama anda memasangnya dengan benar dan sesuai dengan anjuran dari pabrikan tentu tidak akan berefek seperti beberapa point yang kita bahas diatas. Untuk itu jika anda ingin memasangkan roofbox pada mobil, pilih unit mobil yang telah dilengkapi dengan roof rail standar pabrikan agar dudukan crossbar dan juga roofbox lebih kuat.

Apa itu roof rail ?

Itu loh, dua batang sejajar yang dipasang di atap mobil di sisi kiri dan sisi kanan yang tujuan utamanya memang diperuntukkan untuk pemasangan crossbar dan juga roofbox. Masih kurang jelas, silahkan lihat contoh roof rail standar milik All New Toyota Rush dibawah ini.

toyota al new rush


Bagaimana dengan mobil yang tidak dilengkapi dengan roof rail ?

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dealer resmi mengenai pemasangan roof rail ini, biasanya pabrikan juga menyediakan aksesoris seperti ini kok. Atau cari produk aftermarket dengan brand ternama dan sudah terjamin kualitasnya, untuk ini anda perlu berkonsultasi dengan mereka mereka yang pernah menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa di share.


Advertisement