Atasi Setir Mobil Terlalu Ringan Agar Nyaman Mengemudi

Advertisement
Atasi setir mobil terlalu ringan - masalah yang sering timbul pada sistem kemudi mobil adalah terlalu berat atau terlalu ringan nya setir mobil sehingga hal ini menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu, pasalnya setir yang terlalu berat akan membuat lengan gampang capek, sedangkan setir mobil yang terlalu ringan bisa menyebabkan mobil kehilangan kendali saat dipakai dengan kecepatan tinggi.

Penyebab setir mobil terlalu ringan ini beragam, mulai bergesernya sudut sudut roda ( kesalahan spooring ) atau bisa juga disebabkan karena setelan steering rack atau gearbox setir yang berubah. Berubahnya setelan steering rack atau gearbox ini biasanya terjadi setelah adanya pembongkaran pada bagian gearbox ataupun steering rack ketika dilakukan perbaikan.

setel rack steer


Jika anda merasakan gejala setir mobil terlalu ringan setelah melakukan pembongkaran part yang kami maksud diatas, untuk mengembalikan setir kemudi agar tidak terlalu ringan seperti sedia kala caranya cukup mudah, yakni dengan menyetel ulang penyetel kekencangan steering rack atau setelan gearbox nya dan kemudian lakukan tes jalan hingga didapatkan hasil yang terbaik. Untuk lokasi penyetelan bisa anda lihat pada gambar diatas.

Kenapa setir mobil terlalu ringan sangat berbahaya ?

Setir kemudi mobil yang terlalu ringan ini sangat beresiko terjadi kecelakaan sebab mobil menjadi susah dikendalikan / liar. Terutama jika mobil tersebut melaju dengan kecepatan yang tinggi di jalan tol. Kemudi setir yang sangat ringan ini bahkan di senggol sedikit saja mobil akan langsung bermanuver, jika ditambah dengan turunnya hujan, maka mobil menjadi sangat tidak terkendali dan rawan kecelakaan.

Semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa dibantu share :).

Baca juga : Tips sederhana merawat power steering mobil agar awet



Subscribe to receive free email updates: