Yang Diperlukan Untuk Modifikasi Mobil Camber

Advertisement
Modifikasi camber mobil - setelah pada edisi sebelumnya kita pernah membahas mengenai apakah bagus mobil yang dimodifikasi bergaya camber untuk dipakai kebutuhan harian, maka pada edisi kali ini kita akan fokus membahas hal hal apa saja yang diperlukan untuk memodifikasi mobil kita menjadi bergaya camber.

Modifikasi mobil gaya camber

Modifikasi camber adalah sebuah aliran modifikasi mobil ceper yang menonjolkan bagian kaki kaki, khususnya pada bagian roda yang terlihat menonjol keluar di bagian bawah, dan masuk kedalam pada bagian roda atas nya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Yang Diperlukan Untuk Modifikasi Mobil camber
Sumber gambar : https://www.gettinlow.com/


Di luar negeri banyak istilah untuk modifikasi yang satu ini, namun julukan atau sebutan dari aliran modifikasi ini yang paling banyak dikenal dikenal dengan sebutan flush, Hellaflush, Hellafail, Mexiflush dan lain sebagainya yang pada intinya tetap sama, memperlihatkan bentuk velg mobil seakan akan mecotot keluar.

Lalu apa saja sih yang diperlukan untuk melakukan modifikasi mobil ceper bergaya camber ini ? untuk peralatan atau komponen yang dibutuhkan guna memodifikasi mobil bergaya camber silahkan disimak baik baik dibawah ini.

Komponen untuk modifikasi camber


Velg mobil yang unik

Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah pemilihan bentuk velg mobil yang unik dan lain dari yang lain, hal ini sangat penting karena tujuan dari modifikasi camber ini adalah menonjolkan bentuk kaki kaki mobil khususnya pada bagian roda. Usahakan memilih velg dengan lebar yang rata dan ukuran offset yang kecil sebagai contoh velg dengan ukuran 16 x 8 inchi dengan offsett 20 mm.

Bila anda menemukan velg yang berukuran lebar tentu akan lebih bagus sebab anda akan lebih gampang velg dibuat mepet ke spakbor. Pastikan jika anda akan menaikkan ukuran diameter velg maksimalnya adalah 2 inchi. Misalnya mobil yaris yang memiliki diamater velg standar 15 inchi maka maksimal diameter yang masih diperbolehkan adalah 17 inchi. Oh iya pastikan juga velg yang akan dipakai bulat sempurna dan tidak peyang ataupun penyok.


Menggunakan velg 3 piece

Velg 3 piece ini adalah jenis velg yang memiliki kontruksi 3 bagian sehingga di antara ketiga nya ini bisa dimodifikasi dan diganti sesuai dengan keinginan misalnya pada bagian bibir terluar diganti dengan yang lebih celong dan lain sebagainya. Contoh velg legendaris 3 piece diantaranya adalah velg merk BBS seri RS, OZ turbo dan juga OZ futura. Contoh gambarnya silahkan dicari di google sesuai dengan nama velg yang disebutkan diatas.

Menggunakan ukuran ban yang unik

Setelah memilih jenis dan bentuk velg yang unik, langkah selanjutnya adalah memilih jenis ban yang juga tak kalah unik dan pastinya sesuai dengan velg yang akan dipasangkan nanti. Biasanya semakin lebar diameter velg maka pemilihan ban jatuh nya ke ban ber profil tipis semisal jika kita memakai velg berdiameter 16 x 7 inchi bisa memakai ban ukuran 165/45/16 atau bisa juga memakaikan ban berukuran 195/45/16 ataupun 195/40/16.

Atau anda bisa konsultasikan ke tukang ban mengenai ukuran ban mana yang cocok untuk velg yang akan kalian gunakan modifikasi pastinya tukang ban akan lebih paham. Untuk merk ban juga perlu kalian perhatikan, sebab beberapa merk ban memiliki kontruksi sidewall yang beda teknologi.

Modifikasi per di potong, di press atau beli produk aftermarket

Karena kita akan memodifikasi mobil menjadi ceper dan camber maka kita juga harus melakukan modifikasi di bagian per mobil dengan cara memotong, di press atau menggantinya dengan per aftermarket yang lebih lunak atau lebih pendek. Anda juga harus tahu kelebihan masing masing antara memotong per, mengepress atau menggantinya sebab kedua nya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.


Penggunaan suspensi yang sesuai

Pastikan anda juga mengubah suspensi bawaan kalian dengan suspensi aftermarket yang bisa disetel ketinggiannya, atau lebih bagus lagi jika kalian menggunakan suspensi udara atau air suspension untuk menambah kenyamanan.

Potong spatbor atau liner ban

Karena kita akan memodifikasi mobil bergaya camber nan ceper maka secara otomatis kita juga harus memotong ( gerinda ) atau melepas liner atau kolong ban agar ban bisa ambles dan masuk kedalam kolong.

Menggunaan camber kit

Untuk kaki kaki bagian depan kita bisa mengganti dudukan as roda depan dengan baut camber kit yang ukurannya lebih kecil dari baut standarnya sehingga sudut camber roda depan bisa disetel masuk kedalam. Bila dirasa kurang anda bisa sedikit mengebor lubang dudukan baut camber agar ban bisa lebih masuk menjorok kedalam.

Yang Diperlukan Untuk Modifikasi Mobil Camber


Spooring

Setelah semua bagian diganti dan dimodifiasi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan spooring mobil untuk mengukur dan menyetel sudut kemiringan camber dan juga toe in agar sesuai antara yang kiri dan yang kanan. Walaupun sudah di spooring, modifikasi camber ini tetap akan membuat ban makan dalam dikarenakan modifikasi ekstrim, hal ini sangatlah wajar.

Dan yang terakhir adalah melakukan pengetesan mobil di jalan, untuk gesekan yang timbul dalam modifikasi seperti ini terbilang sangat wajar. Yang perlu anda perhatikan adalah ukuran offset, ukuran ban dan ukuran lebar velg yang tidak terlalu ekstrim agar gesekan yang timbul bisa diminimalisir.

Baca juga : Pengertian sudut camber mobil

Subscribe to receive free email updates: