Cara Kerja Tutup Radiator Untuk Mengalirkan Air Ke Reservoir
Advertisement
Cara kerja tutup radiator mobil dan motor
Cara kerja dari tutup radiator ini sangat simpel, ketika suhu air pendingin yang ada didalam mesin sudah panas maka thermostat akan terbuka dan mensirkulasikan air pendingin yang sudah panas dari dalam mesin keluar menuju radiator dan menghisap air dingin yang ada dalam kisi kisi radiator menuju kedalam saluran pendingin mesin menggunakan waterpump.
Jika sampai mesin mobil terjadi overheat maka prosesnya semakin cepat sehingga air yang dibuang dari dalam mesin menuju radiator menjadi lebih banyak dan begitu pula yang dihisap kedalam mesin agar mesin mobil cepat dingin kembali. Karena saking banyaknya air yang dibuang maka kapasitas tangki radiator pun menjadi terlalu penuh, sehingga air panas yang bertekanan tinggi yang berada pada top tank radiator mampu menekan katup naik keatas sehingga air panas ini akan dimuntahkan menuju kedalam reservoir atau tangki cadangan radiator. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat skema gambar dibawah ini.
Nah bagaimana apakah anda sudah mengerti bagaimana cara kerja tutup radiator ?
Sering membuka tutup radiator apakah berbahaya ?
Untuk tingkatan bahaya dari terlalu sering membuka tutup radiator sebenarnya tidak ada sama sekali karena penulis sendiri juga sering membuka tutup radiator cap berulang kali, kecuali anda membukanya pada saat mesin mobil sedang panas dan dimatikan, maka jika kalian membukanya pada kondisi yang seperti ini tentu sangat berbahaya sebab air panas yang ada didalam radiator tadi akan langsung menyembur ke muka anda. Untuk mitos mitos lain mengenai bahaya membuka tutup radiator mungkin akan saya tulis dilain kesempatan.Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan artikelnya.