Perlukah Membawa Alat Pemadam Api Mini Di Mobil ?

Advertisement
Alat pemadam kebakaran portable mini APAR - salah satu alat tambahan yang bisa ditambahkan atau dibawa didalam kendaraan roda empat untuk mencegah kemungkinan kebakaran salah satunya adalah Alat Pemadam Api Ringan atau yang disingkar dengan APAR. Namun apakah alat ini nantinya bisa berguna di mobil anda ?

Karena piranti ini termasuk suplemen dan merupakan peralatan keselamatan tentu saja sangat dibutuhkan dan sebaiknya setiap kendaraan roda empat memiliki mini APAR ini, hal ini bertujuan bila sewaktu waktu terjadi arus pendek atau konsleting pada sistem kelistrikan mobil dan terbakar, kalian bisa menggunakan mini APAR ini sebagai alat pertolongan pertama guna memadamkan api sehingga api tidak sampai menjalar dan melalap habis mobil kesayangan anda.

cara pasang mini apar agar tidak meledak


Namun demikian anda juga wajib selalu berhati hati dalam menaruh peralatan yang satu ini, pastikan anda meletakkannya pada tempat yang sangat mudah terjangkau sehingga sewaktu waktu dibutuhkan anda dengan sangat mudah mengambil dan menggunakannya.

Selain itu posisi menaruh APAR mini ini juga tidak boleh sembarangan, pastikan lokasinya di tempat teduh misalnya ditaruh didalam laci dasboard mobil, atau bisa diletakkan dibawah dasboard, hal ini bertujuan untuk menghindarkan mini APAR dari terik matahari langsung yang bisa membuat tabung pemadam kebakaran mini ini tidak memuai dan akhirnya meledak.

Banyak sekali kasus dimana kesalahan memasang mini APAR tepat dibawah kaca mobil membuat tabung ini meledak dan terlempar, bahkan saking kuatnya ledakan dari tabung ini bisa membuat kaca depan mobil langsung retak, coba saja bayangkan jika sewaktu meledak anda sedang berada didalamnya dan tabung tadi terlempar ke arah kepala anda ? pasti sangat berbahaya sekali bukan ?

#Tips aman meletakkan tabung mini apar di mobil agar tidak meledak

Untuk keamanan ada beberapa lokasi meletakkan tabung mini APAR ini agar tidak terkena sinar matahari langsung dan meledak diantaranya adalah di bawah jok mobil entah itu jok depan atau jok belakang, lalu bisa juga dimasukkan kedalam laci mobil bagian depan, atau bisa juga ditaruh di bagian dalam pintu mobil bagian belakang. Lokasi lokasi ini selain aman dan tidak terkena sinar matahari langsung juga sangat mudah dijangkau.

Intinya adalah jangan pernah sekali kali anda memasang alat pemadam kebakaran mini di lokasi yang terkena sengat atau terik matahari langsung, bila anda tetap ngotot memasang di lokasi berbahaya misalnya dibawah kaca depan biar terlihat keren, silahkan amati gambar dibawah ini sebagai bahan renungan.

tabung pemadam kebakaran meledak di mobil
Tabung mini apar fire stop yang meledak akibat salah lokasi pemasangan


Nah oleh sebab itu anda sangat disarankan untuk selalu berhati hati dalam meletakkan sesuatu di dasboard mobil terutama peralatan tabung yang bertekanan tinggi. Mungkin sampai disini penjelasan mengenai manfaat membawa tabung pemadam kebakaran alias APAR didalam mobil dan bagaimana cara mengamankan tabung pengendali kebakaran ini. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: