Home » » Penyebab Suara Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan

Penyebab Suara Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan

Advertisement
Bunyi decit di AC mobil - pada sebuah AC mobil selain problem AC mobil yang kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali dan hanya keluar angin, beberapa masalah lain yang juga sangat mengganggu pengguna kendaraan roda empat ini ialah munculnya bunyi mencicit ketika AC mobil dinyalakan, dan ketika dimatikan bunyi berdecit tadi hilang.

Bukan hanya pengemudi atau penumpang saja yang merasa terganggu, pengendara lain di jalan raya terutama pengendara motor pun juga akan risih jika mendengar bunyi mencicit seperti ini, terlebih lagi bila anda dan mereka sama sama berhenti di lampu merah. Memang serba salah karena jika kita tidak menyalakan AC kabin mobil rasanya panas, namun bila dinyalakan kok bunyinya berisik sekali. Lalu apa sih penyebab dari bunyi mencicit saat AC mobil dihidupkan ini ?

kompressor ac bunyi

Penyebab AC mobil bunyi decit saat dinyalakan

Ada banyak sekali penyebab bunyi bunyian di AC mobil ketika dinyalakan, mulai dari tali kipas AC yang kendor, bearing AC yang sudah aus dan waktunya untuk diganti, sampai yang paling parah adalah kompressor AC itu sendiri yang bermasalah. Dan agar anda lebih memahami penyebab AC mobil berbunyi mencicit saat dihidupkan, sebaiknya anda juga perlu tahu ciri kerusakan AC agar nantinya anda bisa dengan mudah melakukan penanganan dengan tepat.

Baca juga : Ketahui penyebab AC mobil kurang dingin

1. AC mobil bunyi mencicit saat dinyalakan karena fanbelt AC kendor

Sistem AC mobil juga membutuhkan fanbelt atau tali kipas yang nantinya dihubungkan dan digunakan untuk memutar kompresor AC. Untuk jenisnya ada yang berupa tali / belt kompressor tunggal, dimana tali belt ini dihubungkan hanya antara pulley crankshaf dan pulley kompressor AC. Ada pula tali belt AC yang selain dihubungkan dengan pulley kompressor, juga dihubungkan ke pulley alternator atau bahkan semua bagian pulley hanya dihubungkan oleh satu tali kipas. Tali atau belt yang kendor juga bisa menimbulkan bunyi berdecit.

Ciri utama bila yang bermasalah adalah tali kipasnya yang kendor, ketika pertama kali AC dinyalakan, maka bunyi tersebut akan secara terus menerus terdengar sampai anda mematikan AC baru bisa hilang. Untuk memeriksa apakah belt ini yang menjadi penyebab bunyi, kalian bisa menyetel kekencangan tali / belt ini atau melumasi tali kipas dengan menggunakan gemuk / vet / grease dan mencoba menyalakan mesin mobil, kemudian menyalakan AC.

2. AC mobil bunyi decit karena bearing pulley kompressor yang aus

Penyebab bunyi decit pada saat AC mobil dinyalakan selanjutnya adalah karena disebabkan oleh rusak atau ausnya komponen bearing pulley kompressor sehingga setiap kali AC dinyalakan, baik pada saat kompressor AC bekerja atau tidak bunyi decit tersebut tetap terdengar. Untuk lebih memastikan bahwa bearing pulley yang bermasalah anda bisa mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, baru kemudian memutar pulley kompressor dengan tangan. Bila putaran pulley terdengar kasar maka bisa dipastikan bunyi tadi disebabkan oleh bearing pulley yang rusak. Langkah mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian bearing pulley ( bila bisa diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC jika ternyata bearingnya tidak bisa dilepas.

3. AC mobil bunyi berdecit karena kompressor AC bermasalah

Dan penyebab kenapa timbul bunyi ketika AC mobil dihidupkan selanjutnya ialah karena adanya kerusakan didalam komponen kompressor AC, bisa jadi piston kompressor atau yang lainnya. Ciri utama bila kompressor yang bermasalah adalah, ketika AC dinyalakan dan kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi akan muncul, namun ketika kompressor AC nya tidak sedang bekerja maka bunyi berdecit tadi akan hilang. Bila kompressor AC mobil yang jadi sumber masalah bunyi sebaiknya anda lakukan servis / perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah. Biaya servis kompressor AC mobil ini walaupun terlihat agak mahal, namun jauh lebih murah jika dibandingkan anda mengganti kompressor baru yang harganya berjuta juta itu. Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah banyak dan penyebab kenapa kompressor bisa sampai berbunyi juga bermacam macam, mungkin dilain kesempatan akan kami bahas mengenai hal ini.

Baca juga : Penyebab AC mobil bau busuk dan cara menanganinya

Nah semoga tulisan diatas bisa anda pahami dengan jelas serta bisa memberikan anda sedikit pengetahuan khususnya masalah teknikal di dunia otomotif roda empat. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.

Oh iya, jika anda berminat untuk belajar mengenai apa saja komponen yang ada pada sistem AC mobil, dibawah ini telah kami rangkumkan delapan komponen penting pada sistem AC, silahkan dibaca :

Baca juga : Nama komponen penting pada AC mobil serta fungsinya



Advertisement