Understeel Kaki Kaki Isuzu Panther Yang Sering Rusak

Advertisement
Kerusakan komponen understeel - understeel atau kaki kaki adalah salah satu elemen penting yang ada pada setiap jenis kendaraan, terlebih lagi untuk sebuah mobil. Dengan adanya salah satu atau beberapa komponen kaki kaki mobil yang bermasalah, selain membuat kita merasa kurang nyaman juga dapat membahayakan keselamatan si pengendara beserta penumpangnya.

Beberapa jenis kendaraan modern saat ini sudah memiliki komponen kaki kaki yang jarang sekali rusak, berbeda dengan mobil model lama seperti Isuzu panther yang sampai saat ini masih mempertahankan desain dari tempoe doeloe, maka dari itulah komponen kaki kaki atau understeel yang ada pada mobil keluaran Isuzu, terlebih panther sering kali mengalami kerusakan. Nah pada tulisan kali ini kami selaku penulis akan memberikan uraian yang lengkap bagian understeel Isuzu Panther yang seringkali mengalami kerusakan sehingga anda bisa melakukan estimasi persiapan biaya jika mobil kalian memiliki masalah pada kaki kakinya.

isuzu panther


Kaki kaki Isuzu Panther yang sering rusak


1. Bearing roda depan dan belakang

Salah satu komponen yang seringkali mengalami kerusakan yang pertama adalah bearing atau laher roda baik untuk roda bagian depan maupun bagian belakang. Kerusakan bearing ini beraneka ragam mulai dari hanya sekedar longgar / kocak, sampai yang terparah adalah mengalami keausan dan putarannya menjadi kasar. Kasarnya putaran bearing ini diakibatkan adanya benda asing ( gram besi ) yang ikut tergerus karena habisnya grease.

Baca juga : Cara memeriksa kerusakan bearing pada mobil

2. Shockbreaker / shockabsorber depan dan belakang

Komponen kaki kaki di Isuzu Panter yang sering kali dan mudah rusak selanjutnya ialah pada bagian sistem peredam kejut nya yakni shockabsorber yang seringkali mengalami kebocoran. Kebocoran pada shock absorber ini biasanya terjadi karena faktor usia, faktor cara pengguna mengemudikan mobil, dan juga karena faktor kelebihan muatan.

Baca juga : Berbagai penyebab kenapa shockbreaker gampang rusak

3. Bushing leaf spring / bushing per daun

Selain kedua komponen diatas, salah satu bagian yang masih termasuk komponen kaki kaki mobil yang sering kali aus adalah bushing leaf spring atau per daun belakang. Kerusakan ini berupa aus nya bushing yang mengakibatkan timbulnya bunyi ngik ngik ketika mobil dikendarai. Selain bushing leaf spring, bushing strutbar dan stabilizer juga biasanya sering rusak namun tidak secepat bushing per daun.

4. Bushing fullcrumb / upper arm

Bushing fullcrumb atau upper arm milik Isuzu Panther ini juga seringkali bermasalah yaitu gampang jebol akibat ulah si pengemudi yang terlalu ugal ugalan dan suka ngebut dijalanan yang tidak rata. Rusak atau jebolnya bushing ini juga sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara seperti setir kemudi menjadi liar dan mobil narik kiri dan kanan tidak jelas akibat bushing yang tidak mampu menahan beban akibat jebol.

5. Track pin dan idle arm

Kedua komponen ini juga sering sekali bermasalah, namun tidak separah beberapa komponen yang telah disebutkan diatas. Kerusakan pada track pin dan juga idle arm ini berupa aus nya lapisan bushing teflon yang membuatnya menjadi kocak yang akan berimbas pada semakin banyaknya freeplay setir dan pengendalian menjadi liar.

Baca juga : Ketahui penyebab stir panther goyang goyang

Nah itulah tadi beberapa daftar komponen understeel alias kaki kaki dari mobil isuzu panther yang sering kali mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share :).


Subscribe to receive free email updates: