Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil

Advertisement
Pengertian fungsi gardan mobil - differensial atau yang biasa disebut gardan adalah salah satu komponen paling penting yang ada pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat. Gardan atau differential ini adalah salah satu komponen yang masih termasuk bagian dari sistem penggerak kendaraan sehingga keberadaannya sangatlah diperlukan.

Fungsi utama dari gardan ini adalah untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin mobil menuju roda roda penggerak yang sebelumnya tenaga putar ini dihubungkan ke sistem kopling - transmisi - batang propeller dan selanjutnya adalah gardan.


Pengertian gardan / diffirential
Diambil dari bahasa inggris "differential" yang memiliki arti "beda", jadi arti dari gardan ini kurang lebih adalah komponen yang berfungsi sebagai "pembeda". Pembeda dalam hal apa ? khusus di dunia otomotif, pembeda yang dimaksud disini adalah untuk membedakan gerakan putar antara poros ban kiri dan kanan kendaraan saat belok.

Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil

Selain berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dari mesin ke poros penggerak ternyata gardan juga memiliki fungsi lain yang mungkin saja masih jarang orang yang tahu, oleh sebab itu pada tulisan kali ini selain membagikan tentang pengertian gardan atau differential, kami juga akan memberikan pejelasan singkat mengenai fungsi dari gardan mobil.


Fungsi Gardan atau Differential


1. Gardan sebagai pembeda putaran poros roda antara kiri dan kanan
Fungsi utama dari gardan atau differensial ini adalah sebagai pembeda gerak putar antara poros atau as roda bagian kiri dan bagian kanan kendaraan. Dengan adanya perbedaan putar inilah radius belok mobil menjadi lebih pendek sehingga mobil tidak perlu berputar lebih jauh ketika belok full. Selain mempermudahkan mobil pada saat belok, dengan adanya perbedaan putaran antara roda kiri dan kanan mobil membuat salah satu ban tidak mengalami slip yang hanya akan membuatnya cepat aus dan rusak.

Baca juga : Fungsi batang propeller pada mobil


2. Gardan sebagai penerus tenaga putar mesin menuju poros penggerak
Gardan selain memiliki fungsi sebagai pembeda gerak antara poros roda bagian kiri dan kanan juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin menuju poros roda penggerak, dalam hal ini adalah ban kendaraan.


3. Gardan mengubah arah putar sebesar 90 derajat
Dengan adanya gardan pada kendaraan ini, maka tenaga putar yang semula lurus dari mesin - transmisi - kopling akan diubah menjadi sebesar 90 derajat sehingga dapat memutar poros roda penggerak. Coba bayangkan tanpa adanya gardan ini, mungkin mobil jalannya tidak lagi kedepan atau kebelakang melainkan menyamping ke kiri ataupun kekanan layaknya kepiting :).

Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil


4. Meningkatkan tenaga putar / momen
Dengan adanya gardan ini maka tenaga ptar yang dihasilkan oleh mesin bisa ditingkatkan lebih besar lagi dan selanjutnya tenaga ini akan disalurkan ke poros poros roda penggerak. Hal ini bisa anda lihat dimana gigi pinion gear yang ukurannya kecil ini memutar ring gear yang ukurannya lebih besar.

Baca juga : Ketahui masalah yang kerap terjadi pada gardan mobil

Nah mungkin urian diatas sudah lebih dari cukup agar anda dapat memahami apa itu gardan dan apa saja fungsi dari gardan yang ada pada mobil, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: