Home » , » Mengenal Suspensi Mobil Type MacPherson With Strut

Mengenal Suspensi Mobil Type MacPherson With Strut

Advertisement
Jenis jenis suspensi pada mobil - tulisan ini adalah kelanjutan dari beberapa artikel sebelumnya yang mengulas mengenai jenis atau model suspensi yang terdapat pada kendaraan roda empat alias mobil. Bila dulu kita pernah mengulas mengenai suspensi mobil jenis double wishbone, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai suspensi mobil type Mac Pherson.

Pengenalan suspensi mobil MacPherson mobil

Suspensi ini ditemukan oleh orang yang memiliki nama yang sama dengan nama suspensi ini yaitu Earl S. MacPherson yang pada waktu itu bekerja di perusahaan Ford pada tahun 1940 an, perusahaan otomotif nomor satu di amerika. Setelah penemuan ini dipublikasikan dan diuji coba, banyak kendaraan Ford ini yang menggunakan model suspensi ini tepatnya untuk mobil yang diproduksi di tahun 1950 an keatas. Dan setelahnya model suspensi ini menjadi jenis suspensi paling mendominasi didunia otomotif karena bentuknya yang sangat ringkas serta biaya pembuatannya lebih murah dibandingkan suspensi jenis lain.

suspensi macpherson


#Bentuk suspensi MacPherson

Jika anda memperhatikan gambar diatas, bentuk dari suspensi ini sangatlah ringkas dan minimalis, pada tiap tiap roda memiliki sebuah lengan ayun bawah atau lower arm, yang dihubungkan ke knucle dengan sebuah joint. Kemudian dibagian tengah atas diberikan pegas coil atau per keong dan juga sebuah shock absorber pada bagian tengah pegas coil. Berbeda dengan model lain, suspensi MacPherson ini tidak dilengkapi dengan lengan ayun atas atau upper arm karena pada shockbreaker teleskopiknya bisa difungsikan untuk mengontrol arah roda mobil. Karena posisinya yang tegak lurus ini membuatnya menjadi lebih ringkas dan tidak membutuhkan ruang yang besar layaknya suspensi moel double wishbone.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan suspensi Double Wishbone


#Kekurangan suspensi Macpherson

Disamping desain yang sangat simpel ini ternyata model suspensi Macpherson ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihannya masing masing. Untuk kekurangan suspensi model ini adalah pengendalian yang kurang stabil karena adanya perubahan sudut sudut kemiringan roda saat dipakai belok yang mengakibatkan adanya gaya seperti melimbung yang sering disebut dengan istilah body roll, anda bisa menambahkan aksesoris seperti sport damper guna mengurangi gaya roll ini agar pengendalian mobil lebih terasa stabil.

Baca juga : Cara hilangkan body roll dengan memasang Sport damper pada per mobil

Selain itu karena kondisi ruang yang lebih sempit membuat anda sebagai pemilik mobil merasa kesulitan ketika ingin memodifikasi menggunakan velg dan ban bertapak lebar. Untuk kegiatan spooring sendiri juga berbeda, penyetelan sudut sudut geometrinya tidak tersedia alias harus diakali seperti melakukan penggantian baut camber misalnya. Dan satu lagi kekurangan yang terdapat pada suspensi model Macpherson adalah getaran akan terasa lebih besar dibandingkan dengan suspensi model double wishbone.

#Kelebihan suspensi Macpherson

Suspensi ini jarang sekali mengalami kerusakan layaknya double wishbone dimana pada suspensi double wishbone sering kali rusak pada bagian ball joint nya, di Macpherson sangat jarang sekali ball jointnya rusak. Kemudian kelebihan lain yang ada pada suspensi ini ialah harganya yang murah sehingga membuat anda tidak perlu merogoh kantong lebih dalam ketika mengganti komponen ini bilamana terjadi kerusakan.

Baca juga : Mengenal jenis ienis suspensi mobil lengkap

Nah bagaimana apakah anda sudah memahami karakteristik dari model suspensi yang satu ini ? Dengan mengetahui dan memahami akan membuat anda tidak salah pilih dalam memutuskan untuk membeli mobil baru. Oh iya untuk model macpherson ini di indonesia diaplikasikan di mobil mobil sedan seperti corolla altis, yaris, avanza, xenia, agya, vios, camry dan lain sebagainya.


Advertisement