Mau Kredit Motor Bekas ? Pelajari Untung Dan Ruginya

Advertisement
Keuntungan dan kerugian beli motor bekas - sepeda motor memang bukan sebuah produk yang bisa dijadikan sebuah investasi mengingat harganya yang semakin menurun setiap tahunnya jika sudah dibeli. Bahkan bila anda membelinya dan hanya memakai beberapa bulan saja harganya sudah turun drastis, nah oleh sebab itulah kenapa banyak orang yang kemudian lebih tertarik untuk membeli motor yang kondisinya bekas namun kondisi fisiknya terlihat baru karena memang harga yang lebih murah ini.

Selain harganya yang murah, proses pembeliannya pun saat ini bisa dilakukan baik secara tunai maupun diangsur atau kredit. Jadi bila kalian berminat untuk membeli sepeda motor bekas atau second namun belum memiliki dana yang cukup, maka pilihan yang pas adalah membelinya secara kredit yang biasanya banyak disediakan oleh para perusahaan leasing atau pembiayaan.

Kredit Motor Bekas

Sebelum kalian memutuskan membeli motor bekas secara kredit, tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan kembali beberapa kerugian serta keuntungan dalam membeli motor bekas secara kredit dibawah ini.


Keuntungan serta kerugian beli motor bekas secara kredit


#Keuntungan Kredit Motor Bekas

Beli sepeda motor bekas secara kredit ini bisa memberian beberapa keuntungan bagi anda yang memiliki keadaan finansial kurang begitu bagus namun sangat ingin untuk membeli sepeda motor, apa sajakah keuntungan yang bisa diperoleh ? Silahkan disimak berikut ini.

1. Harga dan cicilan kendaraan yang lebih murah

Karena mahalnya harga motor baru di dealer dimana secara finansial anda belum begitu mampu untuk membelinya bahkan secara kredit, berbeda dengan sepeda motor yang kondisinya sudah second alias bekas, karena harga motor terebut juga sudah turun maka besaran biaya angsuran yang harus kalian cicil pun semakin rendah juga.

Baca juga : Ini kesalahan fatal yang perlu dihindari saat kredit motor

2. Tidak perlu inden atau menunggu lama

Membeli motor bekas selain cicilan yang murah, ketersediaan motor pun tidak harus membuat anda menunggu alias inden layaknya beli sepeda motor baru karena motor bekas ini sudah ada didepan mata anda :). Tinggal memilih leasing, deal dan motor pun bisa dibawa pulang.

3. Kualitas motor bagus dan harganya pun murah

Tidak semuanya motor yang dijual secara bekas berkualitas buruk, justru biasanya motor bekas ini kualitasnya sama dengan motor baru meski dari segi tampilan tidak sama dengan motor baru yang ada di dealer yang mungkin dikarenakan cacat karena pemakaian saja seperti lecet ataupun tergores ringan. Karena harga motornya yang menurun atau murah inilah keuntungan ada ditangan anda.

4. Pajak yang harus dibayar lebih murah

Biasanya besarnya nilai pajak dihitung dar berdasarkan tahun pembuatan kendaraan bermotor yang bersangkutan, sementara itu nilai pajak yang wajib anda bayarkan juga semakin meninggi per tahunnya. Karena motor bekas ini adalah motor yang diproduksi di tahun lama atau tahun sebelumnya, maka nilai pajak yang perlu anda bayar juga lebih murah ketimbang anda membeli motor baru di tahun ini bukan ?

Baca juga : Tips dan langkah yang harus dilakukan sebelum beli kendaraan bekas


#Kerugian kredit motor bekas

Disamping keuntungan yang bisa kalian peroleh diatas ternyata ada juga loh kerugian yang perlu anda tahu ketika memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas secara kredit ini. Apa sajakah itu ? silahkan disimak dibawah ini.

1. Total harga kredit lebih mahal daripada beli secara tunai

Memang didunia per kreditan tentu sudah pasti total perhitungan yang harus anda keluarkan jauh lebih besar bila dibandingkan membeli secara tunai atau cash. Hal ini sangat wajar mengingat ada beberapa tambahan bunga yang perlu anda bayarkan kepada pihak leasing selaku pihak yang membiayai kreditan anda sebagai keuntungan.

2. Tidak disertai asuransi dari perusahaan leasing

Berbeda halnya jika anda membeli kendaraan bermotor yang masih dalam keadaan baru dari dealer, untuk motor bekas jarang ada perusahaan leasing yang memberikan asuransi sehingga jika anda sampai kehilangan sepeda motor selama masa angsuran, maka anda tetap harus membayar cicilan dan mengikhlaskan kepergian sepeda motor dambaan anda.

3. Tidak ada jaminan untuk kualitas mesin

Untuk urusan mesin motor bekas yang kita beli tidaklah terdapat jaminan bahwa mesin motor tersebut dalam keadaan bagus, baik atau sudah diganti. Oleh sebab itu sebelum memutuskan membeli motor bekas secara kredit sebaiknya kalian harus benar benar memilih sepeda motor yang kondisi mesinnya bagus. Caranya ya silahkan di coba satu persatu dan rasakan bagaimana performa mesinnya.

Baca juga : Tips membeli motor bekas berkualitas bagus

4. Proses balik nama yang merepotkan

Biasanya setiap anda membeli motor bekas atas nama orang lain, tentu ada hal lain yang perlu anda lakukan yaitu melakukan balik nama surat dokumen kepemilikan kendaraan bermotor tersebut menjadi milik anda. Perubahan tersebut biasanya dilakukan terhadap BPKB mupun STNK kendaraan. Bila tidak tentu saja akan membuat kalian repot dikemudian hari, dan proses balik nama ini juga lumayan merepotkan.


Subscribe to receive free email updates: